Penulis Utama : Immas Pramesti
NIM / NIP : K7413081
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, efektivitas, dan hambatan penggunaan Laboratorium Pembelajaran Ekonomi dan Laboratorium Praktik Bisnis di Program Studi Pendidikan Ekonomi. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai evaluasi penggunaan laboratorium di Program Studi Pendidikan Ekonomi dan dapat sebagai rujukan bagi sekolah maupun program studi lain dalam menggunakan laboratorium. 
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Data primer berupa hasil wawancara dan kuesioner, data sekunder berupa dokumen atau data yang diperoleh secara tidak langsung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Pengambilan subjek penelitian dilakukan melalui purposive sampling dan snowball sampling. Uji validitas data yang digunakan adalah uji kredibilitas dan uji dependability dengan analwaswas data sebelum dan sesudah di lapangan. Pada analwaswas data di lapangan terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Laboratorium Pembelajaran Ekonomi baru digunakan untuk melakukan praktek pada mata kuliah Ekonomi Makro, sedangkan Laboratorium Praktik Bisnis sudah digunakan secara rutin (Senin-Jum’at). Kedua, penggunaan Laboratorium Pembelajaran Ekonomi masuk kategori kurang efektif (55%), yang terdiri dari indikator-indikator sebagai berikut: (1) frekuensi penggunaan laboratorium masuk kategori tidak efektif (39,17%), (2) kelengkapan alat-alat dan bahan yang ada di laboratorium masuk kategori kurang efektif (55%), (3) kesesuaian materi dengan alat yang tersedia di laboratorium masuk kategori cukup efektif (64,58%), (4) alokasi waktu yang cukup untuk kegiatan praktikum masuk kategori cukup efektif (67,08%). Sedangkan penggunaan Laboratorium Praktik Bisnis masuk kategori efektif (82,08%), yang terdiri dari indikator-indikator sebagai berikut: (1) frekuensi penggunaan laboratorium masuk kategori sangat efektif (97,50%), (2) kelengkapan alat-alat dan bahan yang ada di laboratorium masuk kategori cukup efektif (69,17%), (3) kesesuaian materi dengan alat yang tersedia di laboratorium masuk kategori efektif (73,75%), (4) alokasi waktu yang cukup untuk kegiatan praktikum masuk kategori sangat efektif (87,92%). Ketiga, hambatan penggunaan Laboratorium Pembelajaran Ekonomi adalah kurang lengkapnya alat-alat dan bahan, frekuensi penggunaan yang masih rendah, belum adanya jadwal penggunaan laboratorium, kondwasi laboratorium yang masih kurang nyaman, serta aksesnya yang terlalu tinggi. Sedangkan hambatan penggunaan Laboratorium Praktik Bisnis adalah peralatan dan perlengkapan yang ada beberapa mengalami kerusakan dan masih kurang lengkap, seta kurang luasnya ruang laboratorium. 


Kata kunci: Laboratorium Pembelajaran Ekonomi, Laboratorium Praktik Bisnis, Efektivitas Penggunaan Laboratorium

 

×
Penulis Utama : Immas Pramesti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7413081
Tahun : 2018
Judul : Efektivitas Penggunaan Laboratorium Pembelajaran Ekonomi dan Laboratorium Praktik Bisnis di Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Ekonomi-K7413081-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Wahyuni, M.M.,
2. Leny Noviani, S.Pd, M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.