Penulis Utama : Nur Tia Sari
NIM / NIP : K4213054
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan. (1) stilistika dalam novel Srêpêg Tlutur karya Tiwiek SA; (2) nilai sosial dalam novel Srêpêg Tlutur karya Tiwiek SA; (3) relevansi stilistika dan nilai sosial dalam novel Srêpêg Tlutur karya Tiwiek SA sebagai materi pembelajaran bahasa Jawa kelas XI SMA. 
Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis dokumen. Data dalam penelitian ini berupa dokumen, yaitu novel Srêpêg Tlutur karya Tiwiek SA, serta informan yang merupakan narasumber penulis novel, dan ahli sastra. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dengan dokumen serta wawancara dengan narasumber. Uji validitas menggunakan triangulasi sumber data dan teori. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) sajian data; (4) penarikan kesimpulan. 
Berdasarkan hasil penelitian data disimpulkan bahwa (1) diksi yang digunakan dalam novel Srêpêg Tlutur karya Tiwiek SA, berupa kata konkret, kata konotatif, kata serapan, kata ganti khas nama diri/ kata sapaan, serta kata vulgar; (2) gaya kalimat yang digunakan dalam novel Srêpêg Tlutur karya Tiwiek SA, berupa: penggunaan konjungsi awal kalimat, serta sarana retorika (3) bahasa figuratif yang digunakan dalam novel Srêpêg Tlutur karya Tiwiek SA, berupa: asidenton, polisindenton, metonimia, personifikasi, metafora, litotes, ironi, sinisme, sarkasme, antitesis, paribasan, bebasan, pepindhan kemudian parikan; (4) citraan yang digunakan dalam novel Srêpêg Tlutur karya Tiwiek SA, berupa; citraan penglihatan, citraan pendengaran, citraan gerak, citraan perabaan, serta citraan penciuman. Selain itu, nilai sosial yang ditemukan dalam novel Srêpêg Tlutur karya Tiwiek SA, berupa: (1) nilai sosial moral, (2) nilai sosial kekeluargaan, (3) nilai sosial religius, (4) nilai sosial pendidikan. Selanjutnya terkait relevansi terhadap pembelajaran di SMA, novel Srêpêg Tlutur karya Tiwiek SA ini relevan apabila dijadikan materi ajar pada jenjang SMA kelas XI semester I, terkait Kompetensi Dasar menceritakan kembali isi petikan novel.  

Kata kunci: analisis Stilistika, nilai sosial, materi ajar bahasa Jawa.

×
Penulis Utama : Nur Tia Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4213054
Tahun : 2018
Judul : Analisis Stilistika Dan Nilai Sosial Pada Novel Srepeg Tlutur Karya Tiwiek Sa Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Jawa Di Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Bahasa Jawa-K4213054-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Waluyo, S.S.,M.Pd.
2. Rahmat, S.S.,M.A.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.