Penulis Utama : Octavia Monalisa Bela Dwi Paksi
NIM / NIP : K6413049
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah : (1) untuk mengetahui strategi Pemerintah Desa Segaran dalam pemenuhan hak anak menuju Desa Layak Anak. (2) hambatan yang dihadapi Pemerintah Desa Segaran dalam pemenuhan hak anak dalam rangka menuju Desa Layak Anak. (3) Solusi yang dilakukan dalam mengatasi hambatan dalam pemenuhan hak anak di Desa Segaran dalam rangka menuju Desa Layak Anak. 
Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah informan, peristiwa dan dokumen. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dan penyusunan data melakui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Peneliti menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode untuk mendapatkan data yang valid. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model interaktif yaitu : (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) sajian data dan (4)  penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian ini mengikuti langkah – langkah : (1) persiapan (pra penelitian)  (2) pengumpulan data di lapangan  (3) analisis data dan (4) penyusunan laporan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan : (1) Strategi Pemerintah Desa Segaran dalam pemenuhan hak anak adalah melalui pengaktifan kader program BKB, bekerja sama dengan berbagai lembaga desa, perbaikan infrastruktur desa, peningkatan kesadaran masyarakat, program sekolah sungai, strategi jemput bola dan pemberian akta kelahiran serta alokasi anggaran desa pelaksanaan Desa Layak Anak. (2) Pemerintah Desa Segaran mengalami hambatan yaitu sulitnya mengubah paradigma masyarakat tentang pentingnya program anak, kurangnya pemahaman pemerintah desa tentang kebijakan Desa Layak Anak, dan persoalan anggaran yang menyebabkan tidak semua program anak dapat terlaksana. Selain itu hambatan juga dihadapi oleh masyarakat yaitu sibuk dalam bekerja, kurangnya komunikasi dengan Pemerintah Desa Segaran serta rasa rendah diri masyarakat dalam merespon program desa yang ada. (3) Solusi yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Segaran adalah dengan melakukan pendekatan yang terus menerus kepada masyarakat desa, serta dalam hal anggaran pemerintah desa terus memperhatikan dan memilah setiap program yang ada untuk dapat diprioritaskan menurut tingkat kepentingannya. Selain itu solusi yang dilakukan oleh masyarakat Desa Segaran adalah dengan terus aktif dalam setiap kegiatan desa agar dapat lebih terbuka, kritis dan cerdas terhadap program – program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Segaran. 


Kata kunci: Strategi, Pemerintah Desa Segaran, Hak Anak, Desa Layak Anak

 

×
Penulis Utama : Octavia Monalisa Bela Dwi Paksi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6413049
Tahun : 2018
Judul : Strategi Pemerintahan Desa Segaran Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten dalam Pemenuhan Hak Anak Menuju Desa Layak Anak
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. PPKN-K6413049-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Triyanto, S.H., M.Hum,
2. Rima Vien Permata Hartanto, S.H., M.H.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.