Penulis Utama : Wibowo Danu Nugroho
NIM / NIP : R0214100
×

Latar Belakang : Suhu terlalu tinggi akan menyebabkan kelelahan akibat menurunnya  efisiensi  kerja,  denyut  jantung  dan  tekanan  darah  meningkat, aktivitas organ pencernaan menurun, suhu tubuh meningkat dan produksi keringat meningkat. Kelelahan kerja akan meningkat dengan semakin lama pekerjaan dilakukan tanpa istirahat yang cukup. Semakin lama masa kerja seseorang maka semakin tinggi juga tingkat kelelahan karena menimbulkan perasaan jenuh akibat kerja monoton yang berpengaruh terhadap tingkat kelelahan yang dialami. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  hubungan  tekanan  panas  dan  masa kerja dengan kelelahan kerja pada pekerja bagian pengecoran logam CV Bonjor Jaya Klaten.
Metode  :  Penelitian  ini  menggunakan  metode  observasional  analitik  dengan pendekatan cross sectional. Sampel didapatkan dengan teknik Sampling Jenuh yaitu  semua  populasi  dijadikan  sampel  yaitu  sebesar  35  pekerja.  Instrumen penelitian    yang    digunakan    adalah    pengukuran    tekanan    panas    dengan menggunakan    Heat    Stress    Area    Monitor,    pengukuran    kelelahan    kerja menggunakan  Reaction  Timer  dan  pengumpulan  data  karakteristik  responden dengan metode pengukuran dan wawancara. Teknis pengolahan dan analisis data menggunakan Uji Correlation Spearman menggunakan dengan SPSS versi 23. Hasil : Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan tekanan panas dan kelelahan  kerja  dengan  nilai  signifikansi  p  value  =  0,0001  dengan  koefisien korelasi 0,980 ke arah positif (+) yang artinya semakin tinggi tekanan panas, semakin tinggi kelelahan kerja yang dialami pekerja dan tidak terdapat hubungan antara masa kerja dan kelelahan kerja dengan nilai signifikansi p value = 0,375. Simpulan : Ada hubungan tekanan panas dengan kelelahan kerja dan tidak ada hubungan masa kerja dengan kelelahan kerja pada pekerja bagian pengecoran logam CV Bonjor Jaya Klaten.

×
Penulis Utama : Wibowo Danu Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214100
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Tekanan Panas dan Masa Kerja dengan Kelelahan Kerja Pada Pekerja Bagian Pengecoran Logam CV Bonjor Jaya Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0214100-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Haris Setyawan, S.KM., M.Kes.
2. Seviana Rinawati, S.KM., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.