Penulis Utama : Anita Ariani
NIM / NIP : F0114011
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Produk Domestik Bruto (PDB), ekspor, cadangan devisa, Crruption Perception Index (CPI) dan defisit anggaran terhadap utang luar negeri di ASEAN-8 tahun 2005-2016. Pemilihan negara didasarkan pada negara yang aktif dalam kontrak utang luar negeri di kawasan ASEAN, dimana dua anggota negara ASEAN yakni Brunei Darussalam dan Singapura tidak aktif dalam kegiatan ini dam tidak menjadi bagian dari penelitian ini. 
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi utang luar negeri di ASEAN-8 dengan data runtut waktu (time series) 12 tahun. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah utang luar negeri. Sementara itu, variabel independennya adalah Produk Domestik Bruto (PDB), ekspor, cadangan devisa, Corruption Perception Index (CPI), dan defisit anggaran. Analisis data yang digunakan adalah Regresi Data Panel dengan Fixed Effect Model (FEM).
Hasil analisis menunjukkan bahwa Produk Domestik Bruto (PDB), ekspor, dan Corruption Perception Index (CPI) berpengaruh signifikan terhadap utang luar negeri di ASEAN-8. Sementara itu, cadangan devisa dan defisit anggaran tidak berpengaruh terhadap utang luar negeri di ASEAN-8.
Saran penelitian ini yaitu: 1) pengelolaan utang luar negeri yang lebih efektif dan efisien guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi. 2) ekspor yang meningkat akan meningkatkan pula utang luar negeri. 3) peningkatan tata kelola dalam rangka pengawasan korupsi terkait dengan utang luar negeri. 

 

×
Penulis Utama : Anita Ariani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0114011
Tahun : 2018
Judul : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Utang Luar Negeri di Asean-8 Tahun 2005-2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan-F0114011-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Malik Cahyadin, S.E., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.