Penulis Utama : Ayu Dwi Kurnia Putri
NIM / NIP : K8113015
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode kata lembaga terhadap kemampuan membaca permulaan. Penelitian eksperimen dengan subjek tunggal (single subject research (SSR)) Design A-B-A bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode kata lembaga terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun.
Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan anak yang berkesulitan membaca usia 5-6 tahun melalui intervensi atau perlakuan menggunakan metode kata lembaga, sedangkan sampel dalam penelitian adalah 3 (tiga) anak. Teknik pengumpulan  data  yang  digunakan  berupa  tes  membaca dengan  tujuan  untuk mengukur peningkatan kemampuan membaca awal anak setelah anak diberi perlakuan  dengan  menggunakan metode kata lembaga. Melalui desain  A-B-A peneliti akan mendapatkan data-data melalui pencatatan presentase dengan keseluruhan jumlah soal tes kemudian dikalikan dengan 100%. Uji Reliabilitas menggunakan metode Alpha Cronbach (α) dengan SPSS 15 for windows.Teknik analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode kata lembagamemberikan pengaruh positif  terhadap kemampuan membaca permulaaan pada anak kesulitan membaca usia 5-6 tahun. Pengaruhn kemampuan membaca permulaan anak dapat dilihat dari anak yang mampu untuk membedakan huruf yang mirip, melafalkan huruf dengan tepat dan jelas, dan kekeliruan mengenal kata.

 

×
Penulis Utama : Ayu Dwi Kurnia Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8113015
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Metode Kata Lembaga terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Usia 5-6 Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PG-PAUD-K8113015-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yudianto Sujana S.Kom., M.Kom.
2. Adriani Rahma Pudyaningtyas S.Psi., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.