Penulis Utama : Agitya Putri Avianti
NIM / NIP : D0414003
×

ABSTRAK
Nilai strategis apa saja yang dimiliki Kosovo bagi Amerika Serikat, sehingga Amerika Serikat turut andil dalam upaya memerdekakan Kosovo dan memberi bantuan dan asistensi kepada Kosovo menjadi bahasan utama di dalam penelitian ini. Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu berupa studi pustaka. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yaitu berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kerangka konseptual yang digunakan di dalam penelitian ini adalah paradigma realisme dan teori strategi.
Penelitian ini menghasilkan bahwa Kosovo memiliki strategis politik yang mencakup Kosovo sebagai sebuah area abu-abu yang memberikan kesempatan besar bagi Amerika Serikat untuk memperbesar pengaruhnya di sana dan menahan pengaruh Rusia sebagai pewaris Uni Soviet serta pada tahapan selanjutnya Kosovo menjadi negara satelit bagi Amerika Serikat di Kawasan Balkan. Nilai strategis ekonomi yakni Kosovo sebagai pasar yang sangat potensial bagi produk-produk Amerika Serikat dan lahan investasi Amerika Serikat. Nilai strategis militer yang meliputi didirikannya pangkalan militer Bondsteel milik Amerika Serikat di Kosovo yang jangkauan operasi nya mampu mencakup keseluruhan Balkan dan dijadikannya Kosovo sebagai lahan percobaan senjata dan teknologi perang Amerika Serikat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Pasca Kemerdekaannya Kosovo memberikan banyak sekali nilai strategis bagi Amerika Serikat.
Kata Kunci : Kosovo, Amerika Serikat, nilai strategis, kepentingan nasional.

 

×
Penulis Utama : Agitya Putri Avianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0414003
Tahun : 2018
Judul : Nilai Strategis Kosovo Bagi Amerika Serikat Pasca Diakui Sebagai Negara Merdeka Berdaulat Dari Tahun 2009 – 2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Hubungan Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP, Jurusan Hubungan Internasional-D0414003-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Salieg Luki Munestri S.S M.A,
2. Lukman Fahmi Djarwono S.IP, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.