Penulis Utama : Febrina Rosa Rahmawati
NIM / NIP : R1112013
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Kanker servik di Indonesia menduduki peringkat pertama penyebab kematian wanita. Kanker servik disebabkan oleh sejenis virus yang dinamakan Human Papiloma Virus selanjutnya disebut sebagai HPV. Saat ini sudah ada vaksin HPV untuk mencegah kanker servik.
Metode : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total sampling. Besar sampel adalah 40 wanita usia subur yang memenuhi kriteria retriksi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis secara komputerisasi menggunakan program SPSS 16.0
Hasil : Sebagian besar responden adalah wanita usia subur dengan umur 20-30 tahun, yaitu ada 23 orang (57,5%). Pendidikan responden yang terbanyak adalah SMA sebanyak 18 orang (45%). Pekerjaan responden sebagian besar adalah IRT (Ibu rumah tangga) yaitu ada 17 orang (42,5%). Status pernikahan responden yang terbanyak adalah menikah yaitu sebanyak 27 orang (67,5%). Sebagian besar responden memiliki tingkat pengetahuan cukup tentang imunisasi kanker servik dengan rentang nilai 56%-75%, yaitu ada 15 orang  (37,5%),. Sebagian besar responden memiliki sikap yang cukup baik tentang imunisasi kanker servik dengan rentang nilai 56%-75%, yaitu ada 17 orang  (42,5%),.
Simpulan :Terdapat hubungan antara pengetahuandengan sikap anita usia subur terhadap imunisasi HPV di BPM Iswati Hambali Surakarta.

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, WUS, Imunisasi HPV

×
Penulis Utama : Febrina Rosa Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1112013
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Wanita Usia Suburterhadap Imunisasi Vaksin Human Papiloma Virus
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kebidanan Transfer
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Kedokteran Prog. Studi D IV Bidan Pendidik-R1112013-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ika Sumiyarsi, S.SiT., M.Kes,
2. Erindra Budi C., S.Kep., Ns., M.Si., Med,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.