Penulis Utama : Kresna Thufail A.
NIM / NIP : I0514030
×

Isopropanolamin banyak digunakan dalam industri kimia sebagai surfaktan,bahan kosmetik, absorber dalam refinery gas, metal working, bahan tambahandalam industri semen, dan lain-lain. Untuk memenuhi kebutuhan isopropanolamindalam negeri dan peluang ekspor, maka dirancang pabrik isopropanolamin dengan kapasitas 30.000 ton/tahun menggunakan bahan baku propilen oksida 57.344,67 ton/tahun dan amoniak 11.973,24 ton/tahun. Pabrik direncanakan berdiri di kawasan industri Palembang, Sumatera Selatan pada tahun 2021.

Reaksi pembentukan isopropanolamin dari propilen oksida dan amoniak melalui proses Ammonolisis. Hasil reaksi adalah Monoisopropanolamin (MIPA), Diisopropanolamin (DIPA), dan Triisopropanolamin (TIPA). Reaksi berlangsung pada suhu 32°C dan tekanan 1 atm dalam reaktor alir tangki berpengaduk yang dilengkapi koil pendingin. Konversi propilen oksida untuk reaksi ini adalah 98,8%. Produk yang dihasilkan adalah MIPA, DIPA dan TIPA dengan rasio berat produk adalah 49,3%, 45,5%, dan 5,2%.

Unit pendukung proses pabrik meliputi unit pengadaan air, steam, udara tekan, tenaga listrik, dan bahan bakar. Pabrik juga didukung laboratorium yang mengontrol mutu bahan baku dan produk serta bahan buangan pabrik berupa cairan dan gas. Limbah cair berasal dari air buangan sanitasi yang diolah dalam unit stabilisasi dengan menggunakan lumpur aktif, aerasi, dan Sodium Hipoklorit. Air berminyak dari alat proses dipisahkan kemudian minyaknya dibakar dan airnya dibuang. Limbah gas yang berasal dari boiler langsung dibuang ke udara bebas. Bentuk perusahaan yang dipilih adalah Perseroan Terbatas (PT), dengan struktur organisasi line and staff. Sistem kerja karyawan berdasarkan pembagian jam kerja terdiri dari karyawan shift dan non-shift dengan jumlah karyawan 160 orang.

Hasil analisis ekonomi diperoleh, ROI (Return on Investment) sebelum dan sesudah pajak sebesar 58,78% dan 52,90%, POT (Pay Out Time) sebelum dan sesudah pajak selama 1,50 dan 1,62 tahun, BEP (Break Event Point) 40,05%, dan SDP 28,83%. Sedangkan DCF (Discounted Cash Flow) sebesar 21,09%. Jadi dari segi ekonomi pabrik tersebut layak dipertimbangkan untuk didirikan.

×
Penulis Utama : Kresna Thufail A.
Penulis Tambahan : 1. Ajeng Larasatie P.
2.
NIM / NIP : I0514030
Tahun : 2018
Judul : Prarancangan Pabrik Isopropanolamin dari Propilen Oksida dan Amoniak Kapasitas 30.000 Ton/Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2018
Program Studi : S-1 Teknik Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Kimia-I0514030-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Adrian Nur, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.