Penulis Utama : Mahdaniyah Kiranadien
NIM / NIP : D0114076
×

Masih banyak masyarakat yang mengeluhkan jalur hijau jalan di Kota Surakarta yang kurang terpelihara dengan baik seperti aduan meningkatnya jumlah pohon tumbang di jalur hijau jalan sehingga menimbulkan kerugian materil, kondisi pohon di jalur hijau jalan yang tidak terawat, dan adanya pohon-pohon di jalur hijau jalan yang ditebang sembarangan oleh oknum tertentu. Berbagai permasalahan tersebut sudah sangat mendesak (urgent) dan perlu segera ditangani karena menyangkut keselamatan dan kenyamanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui responsivitas Dinas Lingkungan Hidup dalam pemeliharaan jalur hijau jalan di Kota Surakarta

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber yang dilakukan dengan cara mengecek data yang diperoleh dari beberapa sumber. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. 

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Responsivitas Dinas Lingkungan Hidup dalam pemeliharaan jalur hijau jalan di Kota Surakarta sudah cukup baik, dilihat dari (1) sikap aparat DLH dalam merespon keluhan dari masyarakat, kurang responsif karena ada keluhan yang belum teratasi (2) penggunaan keluhan dari masyarakat sebagai referensi bagi perbaikan penyelenggaraan pelayanan pada masa mendatang, responsif karena mau menerima saran dan merealisasikan perbaikan (3) berbagai tindakan aparat DLH untuk memberikan kepuasan pelayanan kepada masyarakat, responsif, karena langsung melakukan berbagai tindakan yang dapat meningkatkan kinerja pemeliharaan jalur hijau jalan (4) penempatan masyarakat oleh aparat DLH dalam sistem pelayanan yang berlaku, responsif karena mengikutsertakan masyarakat dalam pemeliharaan, pelaporan, dan perbaikan. 

×
Penulis Utama : Mahdaniyah Kiranadien
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0114076
Tahun : 2018
Judul : Responsivitas Dinas Lingkungan Hidup dalam Pemeliharaan Jalur Hijau Jalan di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Administrasi Negara-D0114076-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sudaryanti, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.