Penulis Utama : Muhammad Fatah Assidiq
NIM / NIP : K7413109
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Discovery Learning dengan bantuanmedia pada mata pelajaran Ekonomi kelas X IIS 1 SMA Negeri 3 Boyolali. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 3 Boyolali yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes hasil belajar, angketkepuasandan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.

Penerapan model pembelajaran discovery learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peningkatan hasil belajar baik penilaian tes tertulis maupun penilaian sikap pada penerapan model pembelajaran discovery learning lebih efektif dari pembelajaran konvensional baik pada prestasi, sikap dan retensi. Hal tersebut terbukti dari meningkatnya nilai hasil belajar peserta pada saat penerapan siklus I dengan persentase ketuntasan hasil belajar 73% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 77,33 sehingga dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan pada nilai rata-rata kelas sebesar 2,86 (nilai rata-rata kelas pra siklus 74,47 dan nilai rata-rata kelas siklus I 77,33) dan ketuntasan meningkat sebesar 36,00% (pada pra siklus 37% dan siklus I 73%). Sementara hasil belajar siklus II nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 4,72 (nilai rata-rata kelas siklus I 77,33 dan nilai rata-rata kelas siklus II 82,05) dan ketuntasan meningkat sebesar 13% (pada siklus I 73% dan siklus II 86%).Simpulan berdasarkan hasil penelitian adalah penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan bantuanmedia dapat meningkatkan hasil belajar materiekonomi siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 3 Boyolali.

×
Penulis Utama : Muhammad Fatah Assidiq
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7413109
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekonomi Di SMA Negeri 3 Boyolali Kelas X IIS 1
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Ekonomi-K7413109-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sunarto, MM.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.