Penulis Utama : Abdulloh Nashiruddin Wafiq
NIM / NIP : F0114001
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk 1. mengetahui hubungan dan pengaruh antara pertumbuhan ekonomi (PDRB) dengan kualitas lingkungan hidup ( IKLH ) di 33 Provinsi Indonesia 2. mengetahui hubungan dan pengaruh antara kepadatan penduduk dengan kualitas lingkungan hidup ( IKLH ) di 33 Provinsi Indonesia..
Pada penilitian ini digunakan korelasi pearson untuk mengetahui tingkat ke eratan hubungan antar variabel selain itu regresi data panel di gunakan untuk mengetahui pengaruh antar variabel dengan alat bantu Eviews 9. Variabel dependent dalam penelitian ini adalah Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH), sedangkan variabel independent terdiri dari Produk Domestik Regional Broto (PDRB) dan Kepadatan Penduduk. Data yang digunakan yaitu data 33 provinsi di Indonesia dari tahun 2010 hingga 2016.
Hasil yang didapat mengindikasikan bahwa 1. tingkat ke eratan hubungan antara pertumbuhan ekonomi dengan kualitas lingkungan hidup adalah sedang. Selain itu, pertumbuhan ekonomi di ketahui memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap kualitas lingkungan hidup di 33 Provinsi Indonesia 2. tingkat ke eratan hubungan antara kepadatan penduduk dengan kualitas lingkungan hidup adalah sedang. Selain itu, pertumbuhan ekonomi di ketahui memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap kualitas lingkungan hidup di 33 Provinsi Indonesia.
Berdasarkan hasil yang didapat peneliti menyarankan kepada para pemangku kebijakan untuk dapat membuat peraturan yang lebih ketat lagi terhadap penggunaan sumber daya alam dan menerapkan konsep pembangunan berkelanjutan sehingga sumber daya alam yang digunakan dalam proses produksi akan dapat dimanfaatkan secara lebih efektif lagi.

×
Penulis Utama : Abdulloh Nashiruddin Wafiq
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0114001
Tahun : 2018
Judul : Analisis Pertumbuhan Ekonomi dan Kepadatan Penduduk terhadap Kualitas Lingkungan Hidup di Indonesia Tahun 2010 – 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan-F0114001-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suryanto, S.E., M.Si.
2. Rahning Utomowati, S.Si., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.