Penulis Utama : Mohammad Yossan Yasykur
NIM / NIP : G0015159
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Dalam berpraktik di masyarakat, etika, moral, dan profesionalisme diperlukan bagi pelayanan kedokteran yang lebih baik. Sasaran keselamatan pasien ketiga adalah upaya dalam meningkatkan keamanan obat obatan yang harus diwaspadai. Untuk mewujudkan sasaran keselamatan pasien tersebut, diperlukan pengetahuan mengenai kode etik kedokteran Kode etik tersebut terdiri dari prinsip umum aturan profesi serta norma fungsional untuk mempertahankan hubungan kepercayaan dokterpasien. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan pengetahuan tentang kode etik kedokteran dengan sikap upaya dokter muda meningkatkan keamanan obat obatan yang haru diwaspadai.
Metode:Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek dalam penelitian ini adalah dokter muda di RSUD Dr. Moewardi. Pengambilan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling yang berjumlah 68 orang di Kampus Tirtomoyo. Data yang didapat dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil: Dari hasil analisis data dengan 68 subjek dokter muda di RSUD Dr.Moewardi tahun 2018, tidak didapatkan hubungan pengetahuan kode etik kedokteran dengan sikap upaya dokter muda meningkatkan keamanan obatobatan yang harus diwaspadai yang signifikan (p= 0,250), dan terdapat korelasi lemah dengan arah korelasi positif (r= 0,083).
Simpulan:Tidak ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan tentang kode etik kedokteran dengan sikap upaya dokter muda meningkatkan keamanan obat-obatan yang harus diwaspadai.

Kata Kunci: Kode etik kedokteran, Sikap, Obat-obatan yang harus diwaspadai

×
Penulis Utama : Mohammad Yossan Yasykur
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015159
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Pengetahuan Tentang Kode Etik Kedokteran dengan Sikap Upaya Dokter Muda Meningkatkan Keamanan Obat-Obatan yang Harus Diwaspadai
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Kedokteran Studi S I Ilmu Kedokteran-G0015159-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hari Wujoso, dr, Sp. F,. MM
2. Wahyu Dwi Atmoko, dr, SpF
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.