Penulis Utama : Nandana Restu Prabowo
NIM / NIP : F0114066
×

Meningkatnya jumlah pengusaha perempuan menyebabkanpeningkatan aktivitas kewirausahaan di tingkat negara. Pengusaha perempuan menciptakan banyak kesempatan kerja sekaligus kekayaan baik di negara berkembang maupun negara maju. Tidak hanya didalam skala nasional, pengusaha perempuan juga menciptakan banyak lapangan pekerjaan di skala lokal dan menyebabkan peningkatan aktivitas kewirausahaan di tingkat kota.Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel dukungan keluarga, jumlah tanggungan, jam kerja, pengalaman berusaha, dan status berusaha terhadap variabel dependen yaitu keberhasilan usaha pengusaha perempuan di Kota Surakarta. 

Jenis penelitian ini adalah melalui pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Jenis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang meliputi data keberhasilan usaha, dukungan keluarga, jumlah tanggungan, jam kerja, pengalaman berusaha, dan status berusaha yang diambil langsung dari responden pengusaha perempuan di Kota Surakarta. Data sekunder meliputi jumlah (populasi) pengusaha perempuan yang berada di Kota Surakarta dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surakarta.Penentuan jumlah responden dalam penelitian ini menggunakan metode slovin dengan teknik pengambilan simple random sampling. Diperoleh jumlah sampel keseluruhan sebanyak 100 orang pengusaha perempuan di Kota Surakarta dan dilakukan metode pengambilan data dengan cara wawancara secara langsung kepada 100 pengusaha perempuan yang berada di 5 kecamatan di Kota Surakarta berdasarkan pertanyaan melalui kuisioner. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen dukungan keluarga, jam kerja, pengalaman berusaha, dan status berusaha memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha pengusaha perempuan di Kota Surakarta, sedangkan variabel jumlah tanggungan memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap variabel keberhasilan usaha pengusaha perempuan di Kota Surakarta. Hasil pada penelitian ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan.

×
Penulis Utama : Nandana Restu Prabowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0114066
Tahun : 2018
Judul : Faktor Keberhasilan Pengusaha Perempuan di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan-F0114066-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nurul Istiqomah S.E.,M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.