Penulis Utama : Ratna Widyawati
NIM / NIP : K6413057
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Strategi dalam mencegah penyalahgunaan narkoba pada remaja sebagai wujud Civic Participatory di Kabupaten Sukoharjo yang dilakukan oleh Motivator Anti Narkoba Danar and The Blangkon; (2) Dampak strategi pencegahan penyalahgunaan narkoba pada remaja yang dilakukan Motivator Anti Narkoba Danar and The Blangkon; (3) Hambatan yang dihadapi Danar and The Blangkon dalam menerapkan strategi pencegahan penyalahgunaan narkoba tersebut.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan analisis dokumen. Validitas data dengan menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif meliputi: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Tahapan penelitian meliputi (1) Persiapan, (2) Pengumpulan data, (3) Analisis data, (4) Penyusunan laporan penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi dalam mencegah penyalahgunaan narkoba pada remaja sebagai wujud Civic Participatory di Kabupaten Sukoharjo yang dilakukan oleh Motivator Anti Narkoba Danar and The Blangkon melalui penyuluhan anti narkoba berbasis konsep edutainment (education and entertainment). Penyuluhan tersebut memuat beberapa kegiatan diantaranya penyampaian materi narkoba melalui lagu-lagu daerah; penanaman nilai-nilai sosial, motivasi dan sugesti positif; pengenalan budaya Jawa melalui penggunaan  blangkon,  batik  atau  beskap;  aksi  sulap;  pemutaran  video  profil Danar and The Blangkon; adanya pengakuan (testimoni) dari mantan pecandu narkoba. (2) Dampak strategi pencegahan penyalahgunaan narkoba pada remaja yang dilakukan Motivator Anti Narkoba Danar and The Blangkon meliputi Bertambahnya wawasan peserta penyuluhan mengenai narkoba; Pesan dan materi yang terkandung dalam penyuluhan dapat diterima dengan baik oleh peserta penyuluhan; Peserta penyuluhan menjadi lebih partisipatif dan responsif dalam menanggapi materi narkoba yang disampaikan (3) Hambatan yang dihadapi Danar and  The  Blangkon  dalam  menerapkan  strategi  pencegahan  penyalahgunaan narkoba tersebut berupa hambatan pada faktor sarana atau fasilitas yang mendukung penegakan hukum dan hambatan pada faktor masyarakat.

×
Penulis Utama : Ratna Widyawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6413057
Tahun : 2018
Judul : Strategi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba pada Remaja sebagai Wujud Civic Participatory di Kabupaten Sukoharjo (Studi pada Motivator Anti Narkoba Danar and The Blangkon)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K6413057-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Triana Rejekiningsih SH.,KN.,M.Pd.
2. Dr. Rini Triastuti, SH., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum : LAMP UNPUBLISH
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.