Penulis Utama : Anindyka Lasvenia
NIM / NIP : K5413007
×

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui persebaran tingkat kerawanan longsorlahan di Kecamatan Ngebel. 2) Mengetahui persebaran permukiman di kawasan rawan bencana longsor lahan di Kecamatan Ngebel.
Penelitian ini menggunakan metode skoring untuk mengetahui kerawanan longsorlahan dan metode  interpretasi citra secara visual untuk mengetahui persebaran permukiman. Unit analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah satuan  lahan,  adapun  populasi  dari  penelitian  ini  adalah     lahan  yang  ada  di Kecamatan   Ngebel   dan   sampel   dalam   penelitian   ini   yaitu   satuanlahan   dan administrasi yang ada di Kecamatan Ngebel.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi untuk mengambil data tentang karakteristik tanah sebagai faktor yang digunakan untuk  menghitung  tingkat  kerawanan  longsorlahan,  interpretasi  citra  digunakan untuk memperoleh data penggunaan lahan Kecamatan Ngebel, Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 1) Analisis tingkat kerawanan longsor lahan digunakan  dengan  skoring  dan  overlay  2)  Analisis  persebaran permukiman dilakukan  dengan  metode interpretasi  citra secara visual  serta untuk  mengetahui persebaran permukiman di kawasan rawan longsorlahan digunakan teknik overlay peta persebaran kerawanan longsor lahan dengan peta persebaran permukiman.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Tingkat   Kerawanan   longsorlahan   di Kecamatan  Ngebel   terbagi  menjadi  dua yaitu  Tingkat  Kerawanan  longsorlahan sedang pada 57 satuan lahan yang   memiliki    luasan    sebesar 5884,80 Ha atau 87,79%   dan  Tingkat   kerawanan  longsorlahan   tinggi  pada 6 satuan lahan yang memiliki  luasan sebesar 885,23 Ha atau 13,05% dari luas keseluruhan Kecamatan Ngebel. 2) Persebaran permukiman di Kecamatan Ngebel tersebar   pada tingkat kerawanan sedang  yaitu  sebanyak 9 satuan lahan dan 0 satuan lahan  atau  tidak terdapat permukiman pada kerawanan longsor lahan tinggi.

×
Penulis Utama : Anindyka Lasvenia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5413007
Tahun : 2018
Judul : Analisis Persebaran Permukiman pada Kawasan Rawan Longsor Lahan di Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo Tahun 2017 (Implementasi Sebagai Substansi Modul Pembelajaran Geografi Kelas X Kompetensi Dasar 1 Menganalisis Konsep, Prinsip, Pendekatan dan Aspek Geografi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Geografi-K5413007-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Moh. Gamal Rindarjono, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.