Penulis Utama : Anisaul Ma’munah
NIM / NIP : K3513014
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran u-learning; (2) perbedaan prestasi belajar antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah; dan (3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X TKJ SMK Yapek Gombong. Sampel yang digunakan yaitu kelas X TKJ 1 yang berjumlah 32 siswa dan kelas X TKJ 2 yang berjumlah 25 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik simple random sampling.  Teknik  pengumpulan  data menggunakan  metode kuesioner,  tes  dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji keseimbangan, uji normalitas dan uji homogenitas dengan taraf signifikansi 5% serta uji hipotesis menggunakan uji –t dan uji anava dua jalan dengan sel tak sama.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional dengan model u-learning. Pembelajaran dengan model u-learning memberikan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan model konvensional, karena dengan pembelajaran u-learning memudahkan bagi siswa untuk memahami kembali materi pelajaran dan menjadikan siswa lebih aktif pada saat pembelajaran berlangsung yang berdampak pada prestasi belajar siswa. Kedua, terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah. Siswa dengan motivasi belajar tinggi memiliki prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang motivasi belajarnya sedang dan rendah. Sedangkan siswa dengan prestasi belajar sedang juga memiliki prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan siswa dengan prestasi belajar rendah. Ketiga, terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar.

×
Penulis Utama : Anisaul Ma’munah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3513014
Tahun : 2018
Judul : Studi Komparasi Antara Model Pembelajaran Konvensional dengan Model Ubiquitous Learning (U-Learning) Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X SMK Yapek Gombong
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer-K3513014-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Basori, S.Pd., M.Pd.
2. Taufiq Lilo Adi Sucipto, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.