Penulis Utama : Swastika Andini
NIM / NIP : S851608035
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan multimedia flipbook agar dapat meningkatkan keterampilan dasar geometri siswa kelas VI dalam pencapaian tingkat berpikir deduktif informal di sekolah pelaksana Kurikulum 2013 yang valid, praktis, dan efektif, 2) untuk menguji keampuhan flipbook. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan di bidang pendidikan (Education Research and Development). Fokus penelitian adalah pada materi geometri dengan pokok bahasan adalah bangun datar segiempat. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan tahap R&D model Budiyono yang telah dimodifikasi. Uji coba produk adalah uji coba skala terbatas dan uji coba skala luas. Penentuan kualitas multimedia flipbook mengacu pada aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan.

Hasil penelitian menyatakan bahwa penilaian ahli materi sebesar 4,63 berada pada kategori sangat baik, sedangkan skor rerata dari ahli kurikulum sebesar 4,65 juga berada pada kategori sangat baik. Penilaian para ahli terhadap produk prototipe dari ahli materi sebesar 4,65 berada pada ketegori sangat baik. Skor rerata dari ahli kurikulum sebesar 4,75 berada pada kategori penilaian sangat baik danahli multimedia memberikan skor rerata penilaian sebesar 4,45 berada pada rentang kategori sangat baik. Aspek praktikalitas uji coba skala terbatas dinilai oleh pengamat sebesar 4,10 pada kategoritinggi, sedangkan pada skala luas pengamat memberikan skor 4,50 pada kategori sangat tinggi. Dari hasil tersebut dinyatakan multimedia flipbook mempunyai tingkat praktikalitas yang tinggi. Aspek keefektifan uji coba skala terbatas diperoleh skor rerata pre-test sebesar 41,58 dan skor post-testadalah sebesar 66,32, sedangkan pada uji coba skala luas diperoleh skor rerata pre-test sebesar 66,78 dan skor post-test sebesar 74,48. Uji aspek keefektifan pada uji skala terbatas diperoleh dari skor rerata rubrik penilaian produk, yaitu sebesar 80,63 dan hasil penilaian kinerja sebesar 74,26. Pada uji aspek keefektifan dalam uji skala luas, skor rerata rubrik penilaian produk sebesar 84,44 dan skor rerata rubrik penilaian kinerja yaitu 81,83. Dari beberapa hasil penilaian uji keefektifan multimedia flipbookbaik pada saat uji coba skala terbatas maupun uji coba skala luas dinyatakan bahwa produk tersebut efektif.Hasil dari uji keampuhan flipbook diperoleh skor rerata tes prestasi dalam pencapaian tingkat berpikir deduktif informal dari kelompok eksperimen sebesar 75,05 dan kelompok kontrol sebesar 65,08, sehingga dengan demikian dinyatakan bahwa multimedia flipbook lebih ampuh (unggul) dibandingkan dengan produk sebelumnya.

×
Penulis Utama : Swastika Andini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851608035
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Multimedia Flipbook untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Geometri dalam Pencapaian Tingkat Deduktif Informal Siswa Kelas VI di Sekolah Pelaksana Kurikulum 2013 Kota Madiun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Matematika-S851608035-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M. Sc.
2. Dr. Laila Fitriana, S. Pd., M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.