Penulis Utama : M. Ibnu Nafiudin
NIM / NIP : C1014026
×

Penelitian ini membahas bagaimana makna dan struktur teks dalam Kitab Ta’limu Al-Muta’allim Karya Burhanuddin Az-Zarnuji.Dua puluh syair yang dianalisis adalah lima syair kesungguhan, dua syair kontinu dan tidak memaksakan diri sendiri, lima syair cita-cita yang luhur, tujuh syair usaha keras, dan satu sebab-sebab malas. Pemilihan judul-judul tersebut berdasarkan yang terdapat dalam satu fashl yaitu fashl V.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur teks dan makna syair dalam kitab Ta’limu Al-Muta’all[m (bab V) Karya Burhanuddin Az-Zarnuji. Pendekatan struktural dapat diartikan dengan pendekatan objektif, pendekatan formal atau pendekatan analitik yang mengkaji karya sastra dari aspek membangun karya sastra tersebut. Makna syair pada penelitian ini dikaji dengan menggunakan teori strata norma Roman Ingarden.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa struktur teks dan makna syair dalam kitab Ta’limu Al-Muta’allim karya Burhanuddin Az-Zarnuji meliputi: 1) Lapis bunyi yang terdapat dalam kumpulan syair tersebut mengandung unsur rangkaian bunyi yang berupa, kakofoni, efoni, asonansi dan epifora. 2) Lapis arti yang memberikan sugesti kepada pembaca.3)Lapis hal-hal yang dikemukakan hal konkret dan hal abstrak. 4) Lapis dunia merupakan arti dipahami secara implisit atau apa adanya sehingga pembaca dapat memahami arti secara jelas.5) Lapis metafisis merupakan bahan renungan bagi semua kalangan, khususnya pelajar agar dapat mengambil pelajaran yang terdapat di dalamnya. 6) Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam dua puluh syair tersebut meliputi nilai pendidikan religius, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan budaya dan nilai pendidikan estetika. 

 

×
Penulis Utama : M. Ibnu Nafiudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C1014026
Tahun : 2018
Judul : Makna Syair dalam Kitab Ta’limu Al-Muta’allim Karya Burhanuddin Az-Zarnuji (Kajian Strata Norma Roman Ingarden)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Sastra Arab-C1014026-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Eva Farhah, S.S., M.A., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.