Penulis Utama : Delvi Maulana
NIM / NIP : I0114031
×

Perkembangan dunia konstruksi mendorong terciptanya inovasi-inovasi baru. Salah satunya adalah beton mutu tinggi memadat mandiri. Beton ini memiliki kuat tekan yang tinggi dan dapat memadat dengan beratnya sendiri tanpa bantuan alat penggetar. Kuat lekat beton merupakan salah satu sifat penting dalam struktur beton bertulang. Kehilangan kekuatan lekat beton dapat menyebabkan keruntuhan total dalam struktur beton bertulang. Cara terbaik untuk meningkatkan kuat lekat adalah dengan memperbaiki interfacial transition zone (ITZ) antar agregat dan pasta semen menggunakan tambahan material pozzolan.

Silica fume adalah material pozzolan. Dalam penelitian ini silica fume digunakan sebagai substitusi semen dan material pengisi untuk meningkatkan mutu beton dengan perbandingan 0%,8%,9%,10% dan 11% dari berat semen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental dan parameter yang dikaji adalah karakteristik beton segar beton memadat mandiri dan kuat lekat beton. Benda uji yang digunakan berbentuk kubus dimensi 15cm x 15cm x 15cm dengan tulangan tertanam baja tulangan berprofil ulir berdiameter 13mm.

Berdasarkan penelitian, penambahan silica fume menurunkan workabilitas, campuran beton menjadi kental dan lebih kohesif, dan kurang rentan terhadap segregasi. Substitusi semen dengan silica fume kadar 8% memenuhi keseluruhan syarat beton memadat mandiri berdasarkan EFNARC. Silica fume meningkatkan kuat lekat beton pada umur 28 hari. Pada kadar silica fume 9,03% kuat lekat beton mencapai titik maksimum. Peningkatan kuat lekat beton seiring dengan peningkatan mutu beton.

×
Penulis Utama : Delvi Maulana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0114031
Tahun : 2018
Judul : Kajian Pengaruh Variasi Komposisi Silica Fume Terhadap Kuat Lekat Beton Mutu Tinggi Memadat Mandiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2018
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I0114031-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wibowo, S.T., D.E.A.
2. Ir. Sunarmasto, M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.