Penulis Utama : Novi Widyawati
NIM / NIP : S411608035
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan keluarga, keberadaan perempuan di manajemen puncak dan jajaran independen terhadap pengambilan risiko pada perusahaan terbuka di Indonesia. Ada tujuh variabel yang diujikan disini, yaitu: kepemilikan keluarga, direktur utama dari anggota keluarga, komisaris perempuan, direktur perempuan, komisaris independen, direktur independen dan pengambilan risiko. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data sekunder. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 336 perusahaan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria yaitu perusahaan terbuka non keuangan dan memiliki laporan keuangan lengkap selama 2012 hingga 2016. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Pannel Least Square dengan model estimasi terbaik adalah random effect pada Eviews 9.0.  Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) kepemilikan keluarga dan direktur utama dari anggota keluarga berpengaruh negatif terhadap pengambilan risiko perusahaan (2) komisaris perempuan dan direktur perempuan tidak berpengaruh terhadap pengambilan risiko (3) komisaris independen dan direktur independen berpengaruh negatif terhadap pengambilan risiko perusahaan.  
 
Kata Kunci: Kepemilikan keluarga, Komisaris perempuan, Direktur perempuan, Komisaris independen, Direktur independen, Pengambilan risiko.
 

×
Penulis Utama : Novi Widyawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S411608035
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Kepemilikan Keluarga, Keberadaan Perempuan di Manajemen Puncak dan Jajaran Independen Terhadap Pengambilan Risiko Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Terbuka di Indonesia)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana Studi Magister Manajemen-S411608035-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Irwan Trinugroho, S. E., M. Sc., Ph. D.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.