Penulis Utama : Giovanni Herlambang Wicaksono
NIM / NIP : B3215060
×

Laporan tugas akhir ini mengkaji tentang Optimalisasi Pengelolaan Objek Wisata di Goa Seplawan Kabupaten Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab persoalan yang dipertanyakan dalam penelitian ini, yaitu bagaimana pengelolaan pada kawasan objek wisata terhadap adanya wisata sejarah Goa Seplawan di Purworejo, bagaimana upaya pengoptimalisasi kawasan dalam mengelola kawasan objek wisata tersebut, kendala apa saja yang dihadapi di Goa Seplawan serta solusi untuk menjadikan sebagai destinasi wisata unggulan di Purworejo.
Penulisan laporan ini disajikan secara deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan optimalisasi kawasan objek wisata Goa Seplawan Kabupaten Purworejo. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi atau pengamatan langsung ke lokasi obyek penelitian, wawancara yaitu melakukan tanya jawab secara langsung kepada pihak yang terkait dalam hal ini adalah pengelola wisata Goa Seplawan, kepada masyarakat Desa Donorejo, studi pustaka, dan studi dokumen yang berkaitan dengan penulisan laporan ini.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Goa Seplawan memiliki banyak potensi dan wisata sejarah didalamnya mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata religi, wisata budaya, dan agrowisata. Akses jalan yang dapat dilalui oleh kendaraan roda 4 dan roda 2, wisatawan juga dapat bermalam dirumah warga ataupun melakukan kemah di kawasan objek wisata Goa Seplawan. Adanya keterlibatan dengan agen perjalanan yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke objek wisata Goa Seplawan. Upaya yang telah dilakukan oleh pengelola salah satunya mengadakan event tahunan yang selalu diadakan setiap musim panen sebagai ucapan rasa syukur.
Kesimpulan yang dapat diambil bahwa Goa Seplawan memiliki potensi wisata berdasarkan analisis 4A. Upaya optimalisasi pengelolaan objek wisata yang diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan. Menghadapi segala kendala yang dihadapi dengan membuat media promosi seperti membuat akun instagram, facebook, twitter serta mendaftarkan objek wisata ke dalam aplikasi mobile phone seperti traveloka, pegi pegi, dan aladin untuk meningkatkan kunjungan wisatawan yang ingin berkunjung ke objek wisata Goa Seplawan.

 

×
Penulis Utama : Giovanni Herlambang Wicaksono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3215060
Tahun : 2018
Judul : Optimalisasi Pengelolaan Objek Wisata Goa Seplawan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Prog. Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata-B3215060-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nanang Wijayanto, S.ST, M.M Par.
2. Amad Saeroji, S.S., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.