Penulis Utama : Maraden Junias Arnoldus
NIM / NIP : S991602016
×

Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran jigsaw terhadap kompetensi menyusun laporan keuangan, pengaruh penggunaan model pembelajaran role-playing terhadap kompetensi menyusun laporan  keuangan,  dan  pengaruh  penggunaan  model  pembelajaran  jigsaw  dan role-playing terhadap kompetensi menyusun laporan keuangan. Penelitina ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Kupang khususnya pada kelas X Akuntansi.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain yang digunakan adalah pre-experimental designs dengan bentuk one-group pretest- posttest design.Bentuk penelitian eksperimen ini dilakukan dengan memberikan pretest sebelum perlakuan dan posttest setelah perlakuan.
Hasil penelitian menunjukan 1) berdasarkan hasil pengujian menggunakan uji Z satu sampel berbantuan software IBM SPSS Statistics 22 di ketahui bahwa nilai signifikansi diperoleh hasil p-value (Sig.) < α yakni 0,00 < 0,05. Dengan demikian H1  yang menyatakan bahwa nilai posttest lebih baik dari nilai pretets pada  kelas  jigsaw  diterima.  Hal  ini menunjukkan bahwa  model  pembelajaran jigsaw mempunyai pengaruh terhadap kompetensi menyusun laporan keuangan;
2)  berdsarkan  hasil  pengujian  menggunakan  uji  Z  satu  sampel  berbantuan software IBM SPSS Statistics 22 di ketahui bahwa nilai signifikansi diperoleh hasil p-value (Sig.) < α yakni 0,00 < 0,05. Dengan demikian hipotesis H1  yang menyatakan bahwa nilai posttest lebih baik dari nilai pretets pada kelas role- playing diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran role-playing mempunyai pengaruh terhadap kompetensi menyusun laporan keuangan karena nilai posstest secara signifikan lebih baik dari nilai pretest; 3) Berdasarkan hasil keputusan uji yang dilakukan meggunakan uji Z dua sample bebas berbantuan software IBM SPSS Statistics 22 diketahui p-value (Sig) > α yakni 0,51 > 0,05 yang berarti menerima H0. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan tidak ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran jigsaw dengan model pembelajaran role-playing diterima. Hal ini berarti model pembelajaran jigsaw dan role-playing mempunyai pengaruh yang sama terhadap kompetesi menyusun laporan keuangan.

×
Penulis Utama : Maraden Junias Arnoldus
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991602016
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Dan Role-Playing Terhadap Kompetensi Menyusun Laporan Keuangan Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 6 Kupang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Ekonomi-S991602016-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Susilaningsih, M.Bus.
2. Dr. Djoko Santoso Th, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.