Penulis Utama : Nabila Fadiyana Husin
NIM / NIP : I0114083
×

Universitas Sebelas Maret merupakan kampus yang menerapkan kriteria green campus dalam lingkungan perkuliahan. Penggunaan sepeda menjadi hal yang sangat potensial untuk dikembangkan sebagai moda transportasi green campus Universitas Sebelas Maret. Dengan dikeluarkannya peraturan rektor nomor 827/UN27/KP/2013 yang mengatur tentang UNS sebagai Green Campus, penggunaan moda ramah lingkungan khususnya sepeda di dalam kampus belum menjadi hal yang mudah untuk ditemui. Untuk meningkatkan kegiatan bersepeda, perlu dilakukan suatu analisis penilaian kinerja dan penilaian kepentingan mengenai infrastruktur dan regulasi kegiatan bersepeda dari civitas academica UNS. Tujuan penelitian yaitu untuk mendapatkan faktor yang harus diprioritaskan dalam usaha peningkatan kegiatan bersepeda di Kampus UNS dan kebijakan yang dapat diusulkan dari hasil analisis faktor prioritas.
Data primer diperoleh dengan menyebarkan kuesiner kepada 411 responden di kampus UNS Kentingan. Hasil data yang dipeoleh dikelompokkan menjadi 2, yaitu data karakteristik responden dan data penilaian responden. Hasil dari penilaian diolah dengan analisis empat kuadran prioritas Importance Performance Analysis.
Berdasarkan hasil analisis empat kuadran, didapati tiga prioritas yang direkomendasikan untuk dilakukan perbaikan. Faktor-faktor dan kebijakan tersebut tersebut dikelompokkan dalam Prioritas I dan Kebijakan Prioritas I (Faktor dan rekomendasi kebijakan utama yang harus ditingkatkan); Prioritas II dan Kebijakan Prioritas II (Faktor dan rekomendasi kebijakan yang ditingkatkan setelah prioritas dan kebijakan I); Prioritas III dan Kebijakan Prioritas III ( Faktor dan rekomendasi kebijakan yang perlu ditingkatkan tanpa sumber daya terbaik). Faktor-faktor yang masuk dalam prioritas yang paling diutamakan yaitu ruang parkir untuk moda transportasi sepeda, lokais parkiran sepeda yang strategis, penerangan jalan saat malam hari, dan peran fakultas dalam kegiatan bersepeda. Kebijakan yang paling diutamakan untuk dilakukkan antara lain penambahan lahan parkir untuk moda transportasi sepeda untuk mahasiswa, menambah penerangan jalan di dalam kampus, menempatkan parkiran khusus sepeda untuk mahasiswa pada setiap gedung utama tempat aktivitas kuliah, peraturan di tingkat fakultas dan atau lebih rendah dibawahnya (program studi) untuk menggunakan sepeda di dalam kampus sekali dalam seminggu atau sekali dalam sebulan.

×
Penulis Utama : Nabila Fadiyana Husin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0114083
Tahun : 2018
Judul : Analisis Faktor Prioritas Kegiatan Bersepeda Universitas Sebelas Maret Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2018
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I0114083-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dewi Handayani, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.