Penulis Utama : Nissa Nur Fadillah
NIM / NIP : B3215059
×

Laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang pemasaran potensi Goa Sunyaragi sebagai daya tarik wisata Kota Cirebon. penelitian ini bertujuan untuk menjawab persoalan yang dipertanyakan dalam penelitian ini, yaitu bagaimana pemasaran yang dilakukan oleh pengelola Goa Sunyaragi dan bagaimana potensi yang dimiliki Goa Sunyaragi sehingga dapat menarik minat wisatawan.
Penulisan laporan ini disajika secara deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan pemasaran potensi Goa Sunyaragi sebagai daya tarik wisata Kota Cirebon. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dengan praktik kerja lapangan yang dilakukan langsung di Goa Sunyaragi, wawancara yang dilakukan dengan Badan Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi dan para pemandu lokal, sebagai penunjang studi dokumen dan studi pustaka dengan cara mengumpulkan buku-buku dan data yang berkaitan dengan tema.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pemasaran yang dilakukan oleh pengelola Goa Sunyaragi dengan berbagai macam cara seperti dengan menggunakan media sosial dan cetak, bekerja sama dengan agen-agen perjalanan wisata, dan dengan menggelar event. Akses menuju Goa Sunyaragi sangat mudah, karena letak Goa Sunyaragi yang strategis berada di tengah kota. Goa Sunyaragi merupakan bagian dari Keraton Kasepuhan Cirebon. Budaya, religi, dan sejarah adalah kekuatan utama dari Goa Sunyaragi yang tidak dapat dipisahkan, serta menjadi keunikan yang dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung.
Kesimpulan yang dapat diambil bahwa Goa Sunyaragi memiliki potensi yang yang dapat dijadikan alternatif sebagai tujuan wisata di Kota Cirebon, karena Goa Sunyaragi adalah goa buatan yang berada di tengah kota serta memiliki budaya, religi dan kisah sejarah tentang masa kejayaannya yang menjadikannya berbeda dengan situs sejarah lainnya. Goa  Sunyaragi   juga  memiliki  arsitektur   yang   unik   dan   jarang ditemukan di bangunan lain seperti ornamen batu karang laut yang mendominasi seluruh bangunan. Goa Sunyaragi kerap dijadikan lokasi untuk pemotretan karena keindahan bangunannya.

×
Penulis Utama : Nissa Nur Fadillah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3215059
Tahun : 2018
Judul : Pemasaran Potensi Goa Sunyaragi Sebagai Daya Tarik Wisata Kota Cirebon
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Prog. Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata-B3215059-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sunyoto, S.E, M.T.
2. Drs. Suharyana, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.