Penulis Utama : Putri Permata Sari
NIM / NIP : S851508027
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) manakah model pembelajaran yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, antara siswa yang diberikan model pembelajaran Thinking Aloud Pairs Problem Solving dengan High Order Thinking Skills Questions (TAPPS-HOTS Questions), Make A Match dengan High Order Thinking Skills Questions (MAM-HOTS Questions), atau pembelajaran langsung pada materi lingkaran; 2) siswa manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa kategori kecerdasan emosional  tinggi, sedang, atau rendah pada materi lingkaran; 3) pada masing-masing model pembelajaran, siswa kategori kecerdasan emosional manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik, antara siswa dengan kategori kecerdasan emosional  tinggi, sedang, atau rendah pada materi lingkaran; dan 4) pada masing-masing kategori kecerdasan emosional, model pembelajaran manakah yang memberikan presatsi belajar matematika yang lebih baik, antara siswa yang diberikan model pembelajaran TAPPS-HOTS Questions, MAM-HOTS Questions, atau pembelajaran langsung pada materi lingkaran.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3x3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri se-Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah Indonesia pada Tahun Ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 329 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari metode dokumentasi, tes, dan angket. Sebelum analisis variansi, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Uji keseimbangan menggunakan anava satu jalan dengan sel tak sama. Uji hipotesis menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama kemudian dilanjutkan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Hal ini dilakukan jika hipotesis nol ditolak.
Berdasarkan penemuan penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa yang diberikan model pembelajaran TAPPS-HOTS Questions mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran MAM-HOTS Questions dan pembelajaran langsung, serta siswa yang diberikan model pembelajaran MAM-HOTS Questions mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik daripada pembelajaran langsung; 2) siswa dengan kategori kecerdasan emosional tinggi mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan kategori kecerdasan emosional sedang dan rendah, serta siswa dengan kategori kecerdasan emosional sedang mempunyai prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa kategori kecerdasan emosional rendah; 3) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan kategori kecerdasan emosional tinggi mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan kategori kecerdasan emosional sedang dan rendah, serta siswa dengan kategori kecerdasan emosional sedang mempunyai prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa kategori kecerdasan emosional rendah; dan (4) pada masing-masing kategori kecerdasan emosional siswa, siswa yang diberikan model pembelajaran TAPPS-HOTS Questions mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran MAM-HOTS Questions dan pembelajaran langsung, serta siswa yang diberikan model pembelajaran MAM-HOTS Questions mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik daripada pembelajaran langsung.

×
Penulis Utama : Putri Permata Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851508027
Tahun : 2018
Judul : Eksperimentasi Model Pembelajaran Thinking Aloud Pairs Problem Solving dan Make A Match dengan High Order Thinking Skills Questions Ditinjau dari Kecerdasan Emosional pada Materi Lingkaran Siswa Kelas XI SMA Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Matematika-S851508027-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc.
2. Drs. Isnandar Slamet, M.Sc., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.