Penulis Utama : Putri Wulandari
NIM / NIP : K3514037
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian komponen game edukatif yang beredar di Google Play Store ditinjau dari  (1) sudut pandang elemen-elemen yang terkandung dalam gamifikasi?; (2) konten game dengan kurikulum yang berlaku dalam pembelajaran berhitung untuk tingkat awal sekolah dasar tingkat rendah (kelas 1-3 SD).
Data penelitian ini berwujud kumpulan game edukatif yang terkait dengan tema penelitian, yaitu mengenai pembelajaran berhitung yang dikumpulkan melalui observasi dengan pencarian di Google Play Store, yaitu pasar aplikasi berbasis android, yang kemudian hasilnya di seleksi berdasarkan kata kunci yang terkait dan memiliki relevansi dengan unsur gamifikasi dan kesesuaian kurikulum di Indonesia dengan konten game-nya.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, kesesuaian komponen game berhitung untuk SD kelas rendah (1-3) masih cukup rendah dari sisi gamifikasi. Rata-rata skor keseluruhan adalah 0.49. Aspek paling banyak terpenuhi adalah aspek Rintangan (terdapat dalam elemen Dinamika) dan Progress (terdapat dalam elemen Dinamika), keduanya memiliki skor rata-rata pemenuhan sebesar 0.99, dan aspek yang paling banyak tidak terpenuhi adalah aspek Kerjasama (terdapat dalam elemen Mekanika) dan Tim (terdapat dalam elemen Komponen) yang memiliki skor rata-rata pemenuhan sebesar 0. Kedua, Kesesuaian komponen game berhitung untuk SD kelas rendah (1-3) juga cukup rendah dari sisi kurikulum. Rata-rata skor keseluruhan adalah 0.40. Aspek yang paling banyak terpenuhi adalah aspek Bilangan yang memiliki skor rata-rata pemenuhan sebesar 0.98, dan aspek yang paling banyak tidak terpenuhi adalah aspek Statistika yang memiliki skor rata-rata pemenuhan sebesar 0.05.

 

×
Penulis Utama : Putri Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3514037
Tahun : 2018
Judul : Studi Evaluasi Terhadap Game Edukatif untuk Pendidikan SD (Kelas Rendah) Dalam Pembelajaran Berhitung Ditinjau dari Aspek Gamifikasi dan Kurikulum
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer-K3514037-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Endar S. Wihidayat, S.T., M.Eng.
2. Rosihan Ari Yuana, S.Si, M.Kom.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.