Penulis Utama : Sagita Puspita Wiranata
NIM / NIP : K1314049
×

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa laki-laki dengan kemampuan awal tuntas dan tidak tuntas KKM pada kelas VIII A SMP Negeri 8 Surakarta dalam memecahkan masalah lingkaran (2) Mengetahui  kemampuan  berpikir  kritis  siswa  perempuan  dengan  kemampuan awal tuntas dan tidak tuntas KKM pada kelas VIII A SMP Negeri 8 Surakarta dalam memecahkan masalah lingkaran.
Metode   penelitian   ini   adalah   penelitian   kualitatif   dengan   jenis pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ditentukan melalui purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara berbasis tugas. Validitas  data  dilakukan  dengan  triangulasi  waktu.  Analisis  data  dilakukan melalui langkah – langkah (1) Reduksi data. (2) Penyajian Data. (3) Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa: (1) Siswa laki-laki dengan kemampuan awal tuntas dan tidak tuntas KKM mampu menggambarkan permasalahan yang diberikan dalam bentuk geometri dan mampu menuliskan apa
yang ditanyakan pada soal dengan jelas dan tepat sehingga dapat dikatakan bahwa mereka telah mampu melakukan tahap interpretasi pada permasalahan yang diberikan (2) Siswa perempuan dengan kemampuan awal tuntas dan tidak tuntas KKM mampu menggambarkan permasalahan yang diberikan dalam bentuk geometri, mampu menuliskan apa yang ditanyakan pada soal dengan jelas dan tepat, mampu menuliskan hubungan konsep-konsep yang digunakan, mampu menuliskan apa yang harus dilakukan, mampu melakukan penyelesaian, mampu menarik kesimpulan secara logis, mampu menduga alternatif lain, mampu menuliskan hasil akhir serta memberikan alasan tentang kesimpulan yang diambil, sehingga dapat dikatakan bahwa mereka telah mampu melakukan tahap interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi dan eksplanasi pada permasalahan yang
diberikan.

×
Penulis Utama : Sagita Puspita Wiranata
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1314049
Tahun : 2018
Judul : Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Masalah Lingkaran Ditinjau Dari Gender dan Kemampuan Awal (Penelitian Dilakukan di SMP Negeri 8 Surakarta Kelas VIII A Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018 )
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Matematika-K1314049-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Getut Pramesti, S.Si., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.