Penulis Utama : Tri Rahayu
NIM / NIP : K4214049
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran memahami isi teks deskripsi tentang makanan tradisional Jawa pada siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri Jumantono melalui penggunaan metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan media word square.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri Jumantono yang berjumlah 34 siswa. Data yang digunakan adalah data tentang kualitas pembelajaran dan data hasil nilai pembelajaran. Sumber data berasal dari informan, peristiwa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui observasi,   wawancara,   analisis   dokumen,   dan   tes.   Pengujian   validitas   data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik  analisis  data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  teknik  analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis.
Hasil  penelitian  dikemukakan  sebagai  berikut:  pertama,  penggunaan  metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan media word square dapat meningkatkan kualitas proses dalam pembelajaran memahami isi teks deskripsi tentang makanan tradisional Jawa. Proses belajar siswa dinilai dari segi keaktifan siswa, yaitu memperhatikan, mencatat, bertanya, menjawab, dan mengerjakan tugas. Pada kondisi pratindakan, persentase keaktifan yaitu 44,12%, pada siklus I persentase keaktifan siswa meningkat menjadi 67,65%, dan pada siklus II persentase keaktifan siswa meningkat mencapai 82,35%. Kedua, penggunaan metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan media word square dapat meningkatkan hasil pembelajaran memahami isi teks deskripsi tentang makanan tradisional Jawa. Pada kondisi awal pratindakan, siswa yang dapat mencapai nilai di atas batas ketuntasan sebanyak 16 siswa (47,06%), pada siklus I meningkat menjadi 23 siswa (67,65%), dan pada siklus II ketuntasan siswa mencapai 29 siswa (85,29%). Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan media word square dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran memahami isi teks deskripsi tentang makanan tradisional Jawa pada siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri Jumantono. Peningkatan tersebut dapat dilakukan dengan menjelaskan materi pembelajaran (presentasi kelas), membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dan mengadakan diskusi kelompok (tim), mengadakan tes individual (kuis), melakukan perhitungan skor perolehan siswa (skor kemajuan individual), dan memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik (rekognisi tim).

×
Penulis Utama : Tri Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4214049
Tahun : 2018
Judul : Penggunaan Metode Student Teams Achievement Division dan Media Word Square untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Membaca Teks Deskripsi Tentang Makanan Tradisional Jawa Pada Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri Jumantono
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K1314049-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sumarwati, M.Pd.
2. Kenfitria Diah, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.