Penulis Utama : Ummu Amalia Ramadhan
NIM / NIP : K8414053
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara: (1) minat pemilihan jurusan dengan kedisiplinan belajar siswa; (2) peran orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa; (3) minat pemilihan jurusan dan peran orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri
6 Surakarta Tahun Ajaran 2017 / 2018 dengan jumlah 524 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 78 siswa dengan teknik pengambilan sampel Cluster Proportionale Random Sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif  dengan  analisis  kuantitatif  korelasional.  Pengumpulan  data dilaksanakan dengan teknik angket dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi dan analisis regresi berganda.
Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa:  (1)  terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat pemilihan jurusan dengan kedisiplinan belajar siswa. Dengan demikian semakin siswa memiliki minat dalam jurusan yang dipilihnya maka kedisiplinannya dalam belajar juga akan semakin meningkat; (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara peran orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa. Dengan orang tua memberikan kasih sayang, memenuhi kebutuhan, memberikan nasehat dan pengarahan pada keputusan anak dalam memilih jurusan akan dapat meningkatkan kedisiplinan belajarnya; (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat pemilihan jurusan dan peran orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa. Semakin siswa memiliki minat dalam jurusan yang dipilihnya dan peranan yang diberikan oleh orang tuanya juga optimal atau sesuai dengan yang dibutuhkan anak maka kedisiplinannya dalam belajar juga akan semakin meningkat.

×
Penulis Utama : Ummu Amalia Ramadhan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8414053
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Antara Minat Pemilihan Jurusan dan Peran Orang Tua dengan Kedisiplinan Belajar Siswa SMK Negeri 6 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K8414053-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Rochani Ch, M.Pd.
2. Dr. Zaini Rohmad, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.