Penulis Utama : Pramesti Indah Kumalasari
NIM / NIP : K8114052
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh talking stick terhadap kemampuan berbahasa lisan anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design.
Populasi dan sampel dalam penelitian yaitu anak usia 4-5 tahun TK Aisyiyah Surakarta dengan jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 44 anak. Pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Uji normalitas dan homogenitas menggunakan Shapiro Wilks dan Levine Test For Equality OF Variance. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik parametrik setelah data dinyatakan normal dan homogen dengan taraf signifikansi > 0.05. Uji hipotesis menggunakan independent sample t-test dengan SPSS 17 for Windows.
Hasil analisis pada uji independent sample t-test menunjukkan rata-rata pretest pada kelompok eksperimen 4,95 dan rata-rata posttest  kelompok eksperimen 10,00, serta analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 dimana dasar pengambilan keputusan jika nilai signifikansi ???? > 0,05. Hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh talking stick terhadap kemampuan berbahasa lisan anak usia 4-5 tahun. Pada penelitian yang dilakukan oleh peneliti masing-masing anak mampu mengulang kalimat sederhana, anak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan guru, anak semakin mudah mengutarakan pendapat dan menyatakan alasannya.

Kata kunci: talking stick, kemampuan berbahasa lisan, usia 4-5 tahun

 

×
Penulis Utama : Pramesti Indah Kumalasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8114052
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Talking Stick terhadap Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Usia 4-5 Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. PG PAUD-K8114052-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sularmi, M.Pd,
2. Adriani Rahma Pudyaningtyas, S.Psi., M.A.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.