Penulis Utama : Raras Putrihapsari
NIM / NIP : K8114055
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun. Pendekatan penelitian yaitu kuantitatif dengan jenis quasi eksperiment dan desain nonequivalent control grup.
Populasi dan sampel dalam penelitian yaitu anak usia 5-6 tahun TK Aisyiyah Karangasem dengan jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 40 anak. Teknik pengumpulan data melalui tes. Validitas instrumen menggunakan pendapat dari ahli (experts judgment). Reliabilitas instrumen diuji menggunakan rumus alpha yang dibantu dengan aplikasi SPSS 16 for windows. Analisis data menggunakan uji prasarat dan uji hipotesis. Uji prasarat berupa uji normalitas menggunakan rumus shapiro wilk dengan taraf signifikansi  > 0,05 dan uji homogenitas menggunakan levene test for equality variance dengan tingkat signifikansi > 0,05. Uji hipotesis menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05.
Hasil uji hipotesis pada data posttest yaitu 0,010. Hasil analisis menunjukkan pembelajaran berbasis proyek memiliki pengaruh terhadap kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun. Anak-anak  mampu mengelompokkan, mengurutkan, menggambar sesuai bentuk, menggambar berbagai macam bentuk, dan membuat karya seperti contoh setelah diberikan pembelajaran berbasis poyek.

Kata kunci: kecerdasan visual spasial, pembelajaran berbasis proyek, anak usia 5-6 tahun

 

×
Penulis Utama : Raras Putrihapsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8114055
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. PG PAUD-K8114055-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Siti Wahyuningsih, M.Pd.,
2. Adriani Rahma Pudyaningtyas, S.Psi., M.A,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.