Penulis Utama : Yashinta Ulva
NIM / NIP : K8114073
×

ABSTRAK

Tujuan  penelitian ini untuk meningkatkan ketrampilan motorik halus anak TK Islam Bakti IX Surakarta dengan penerapan Project Based Learning melalui kegiatan Cooking Class.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (Observation), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah anak kelas B TK Islam Bakti IX Surakarta semester II tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 16 anak. Sumber data penelitian ini berasal dari anak dan guru. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik pengamatan (observasi), dokumentasi, dan pemberian tugas berupa unjuk kerja.Validitas data yaitu teknik triangulasi data, triangulasi teknik, dan triangulasi sumber. Analisis data yaitu teknik yaitu teknik analisis data model interaktif (model Miles dan Huberman) yangmeliputi reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Project Based Learning melalui kegiatan Cooking Class (kelas memasak) terbukti dapat meningkatkan ketrampilan motorik halus anak. Hal tersebut terbukti dengan hasil rata-rata tingkat perkembangan ketrampilan motorik halus anak yang mengalami peningkatan prasiklus sebesar 31,25% atau 5 anak dari jumlah 16 anak menjadi 56,25% atau 9 anak dari jumlah 11 anak pada siklus 1 dan 82,25% atau 13 anak  dari jumlah 16 anak pada siklus II. Hasil  tersebut telah memenuhi target capaian penelitian yang menargetkan presentase rata-rata ketuntasan ketrampilan motoric halus anak sebesar 75%. Bagi anak yang belum memenuhi target maka akan direkomendasikan kepada guru kelas untuk ditingkatkan ketrampilan motoric halusnya.Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan Project Based Learning melalui kegiatan Cooking Class dapat meningkatkan ketrampilan motorik halus anak kelas B TK Islam Bakti IX Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

Kata Kunci : Project Based Learning, Cooking Class, ketrampilan motorik halus

 

×
Penulis Utama : Yashinta Ulva
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8114073
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Project Based Learning melalui Kegiatan Cooking Class untuk Meningkatkan Ketrampilan Motorik Halus pada Anak Kelas B TK Islam Bakti IX Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. PG PAUD-K8114073-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Warananingtyas Palupi S.Sn.,
2. Ruli Hafidah S.Pd.,M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.