Penulis Utama : Addin Nur Kasanah
NIM / NIP : K2514002
×

Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran tentang (1) kesiapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin UNS dalam menghadapi dunia kerja sektor industri setelah melaksanakan praktik industri ditinjau dari masing-masing indikator; (2) indikator paling tinggi dan paling rendah dari kesiapan menghadapi dunia kerja sektor industri setelah praktik industri yang dimiliki oleh mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNS.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNS yang telah melaksanakan praktik industri. Subjek penelitian yang terpilih yaitu sebanyak 99 mahasiswa dengan teknik pengambilan propotionate random sampling. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dilaksanakan pada 30 mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNS yang telah melaksanakan praktik industri dan dipilih secara acak. Hasil uji validitas instrumen menghasilkan 51 butir pernyataan yang valid dan 16 butir pernyataan yang tidak valid dari 67 butir pernyataan. Pengujian reliabilitas instrumen menggunakan bantuan IBM SPSS Statistic version 21 dan mendapatkan hasil nilai koefisien reabilitas sebesar 0,935, nilai ini lebih besar daripada 0,6 sehingga instrumen memiliki reliabilitas sangat kuat. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.
Kesiapan menghadapi dunia kerja setelah praktik industri dari mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNS ditinjau dari keseluruhan indikator berdasarkan hasil penelitian berada pada kategori sedang. Kategori indikator kesiapan menghadapi dunia kerja tertinggi yang dimiliki mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNS yaitu pada indikator emosional dengan nilai sebesar 20,7%.  Indikator kesiapan menghadapi dunia kerja dari mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNS yang paling rendah yaitu pada indikator keterampilan senilai 4,7%.

 

×
Penulis Utama : Addin Nur Kasanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2514002
Tahun : 2018
Judul : Analisis Kesiapan Mahasiswa Menghadapi Dunia Kerja Setelah Praktik Industri Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K2514002-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M.Pd.
2. Ngatau Rohman, S.Pd., M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.