Penulis Utama : Agustyarum Pradiska Budi
NIM / NIP : S4216082011
×

Konservasi sumber daya air di Indonesia berbasis pada pengelolaan sumber mata air dalam skala besar atau dari sisi produksi air. Pendekatan yang sering digunakan adalah pengelolaan dari sisi permintaan, sehingga pola pikir masyarakat masih terjebak bahwa sumber daya air merupakan barang bebas yang bisa diambil tanpa harus memperbaharuinya lagi. Penelitian ini mencoba meraih partisipasi masyarakat secara langsung untuk ikut menyadari dan mengelola langsung sumber daya air.
Teknik partisipasi masyarakat menggunakan saran penerapan kebijakan untuk perbaikan sumber daya air. Kebijakan yang ditawarkan antara lain sumur resapan, biopori, dan penghijauan. Penawaran kebijakan tersebut merupakan alternatif yang tepat dilakukan oleh rumah tangga / masyarakat langsung. Tujuan penelitian ini terbagi menjadi 3, yaitu mengetahui tingkat WTP masyarakat, mengetahui variabel yang memengaruhi WTP dan analisis preferensi terhadap pilihan alternatif kebijakan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat WTP masyarakat kota Surakarta masih rendah , yaitu sebesar WTP ≤ Rp. 50.000. Variabel kebijakan mampu memengaruhi tingkat kesediaan membayar sebesar 42,60% dibandingkan variabel lainnya hanya mampu memengaruhi sebesar 15,95% dihitung dengan menggunakan regresi multinomial logistik. Hasil analisis Analytical Hierarchy Process (AHP) menunjukkan bahwa ranking 1 pembobotan adalah kebijakan sumur resapan.

×
Penulis Utama : Agustyarum Pradiska Budi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S4216082011
Tahun : 2018
Judul : Kesediaan Membayar Rumah Tangga untuk Perbaikan Pengelolaan Sumber Daya Air Perkotaan: Studi Kasus di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Ekonomi Studi Pembangunan-S4216082011-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Mugi Raharjo, S.E., M.Si.
2. Dr. Evi Gravitiani, S.E., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.