Penulis Utama : Alfian Taufiq Al Hafidh
NIM / NIP : D0114104
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pertimbangan rasionalitas teknis dan sosial digunakan dalam proses pemilihan alternatif kebijakan pembangunan flyover  Manahan. Penelitian ini menggunakan teori William Dunn untuk mengetahui proses pemilihan alternatif dalam kebijakan pembangunan flyover Manahan sudah menggunakan pertimbangan rasionalitas teknis dan sosial atau belum

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di Kota Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber atau data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pemilihan alternatif kebijakan pembangunan flyover Manahan sudah dirancang sejak 6-7 tahun yang lalu. Kebijakan ini bersumber dari masalah kemacetan yang ada di Kota Surakarta, khususnya di titik kemacetan akibat perlintasan sebidang Manahan. Dalam kaitannya penyelesaian masalah kemacetan di Manahan muncul 3 alternatif kebijakan yaitu: underpass, upperpass, dan elevated rail. Kebijakan saat ini merupakan variasi dari solusi upperpass dengan konstruksi kombinasi currogated stell dan girder yang menggunakan metode timbunan beton mortar busa. Akan tetapi, dalam penelitian ditemukan bahwa sebenarnya solusi yang terbaik adalah elevated rail jika dilihat dari segi teknis dan sosial. Dalam pemilihan alternatif kebijakan ini sudah menggunakan rasionalitas teknis, berupa dimensi effectiveness, dan adequacy. Serta rasionalitas sosial dengan dimensi participation, responsiveness, dan possibility of conflict. Namun, ada catatan pada dimensi effectiveness dengan jangka waktu perumusan yang dipandang masih lama, pengaruh kebijakan yang hanya parsial dalam mengatasi masalah kemacetan di Kota Surakarta. Ditambah dimensi adequacy  yang memandang solusi saat ini belum merupakan solusi yang paling tepat. Sedangkan dalam rasionalitas sosial dimensi participation yang sudah maksimal, responsiveness yang sudah merespon masalah kemacetan walaupun hanya di titik kemacetan Manahan. Meskipun demikian, pada dimensi possibility of conflict masih ditemukan mungkinnya banyak masalah di kemudian hari.

×
Penulis Utama : Alfian Taufiq Al Hafidh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0114104
Tahun : 2018
Judul : Analisis Rasionalitas dalam Pemilihan Alternatif Kebijakan Pembangunan Fly Over Manahan, Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Administrasi Negara-D0114104-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyu Nurharjadmo, M. Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.