Penulis Utama : Figi Yusuf Alak
NIM / NIP : C0512026
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Surakarta dalm upaya meningkatkan prestasi atlet di Surakarta tahun 1998-2013. Rumusan Masalah penelitian ini terkait: 1. Sejarah berdirinya organisasi  Komite  Olahraga  Nasional  Indonesia  (KONI)  Surakarta.  2.  Peran KONI Surakarta dalam meningkatan prestasi atlet di Surakarta tahun 1998-2013.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yaitu : 1. Heuristik, 2. Kritik Sumber, 3. Intepretasi, 4. Historiografi. Teknik pengumpulan data berupa studi dokumen, studi pustaka, dan wawancara dengan narasumber terkait. Data kemudian ditulis berdasarkan tata cara penulisan sejarah.

Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  KONI  Surakarta  merupakan sebuah organisasi olahraga yang bersifat independen, yang memiliki tujuan untuk membina atlet di Surakarta dalam bidang olahraga prestasi. KONI Surakarta mengawasi dan memberi bantuan dana kepada setiap Cabang Olahraga dalam setiap pembinaan. Pembinaan dengan memberikan beberapa kebijakan yang membantu menaikkan motivasi atlet Surakarta.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah KONI Surakarta yang berdiri sejak tahun 1984, merupakan  cabang organisasi  yang berada di Jakarta  pada tahun 1966. Lembaga ini bertugas memberikan dana dan mengurus administrasi bagi Pengcab di Surakarta. Prestasi yang ditorehkan atlet Surakarta sejak tahun 1998 –2013 semakin baik dalam ajang Pekan Olahraga Daerah/Pekan Olahraga Provinsi (Porda/Porprov).  Prestasi  tersebut  tidak  lepas  dari  peran  KONI  dan  semua Pengcab di Surakarta.

×
Penulis Utama : Figi Yusuf Alak
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0512026
Tahun : 2018
Judul : Peran Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Surakarta dalam Meningkatkan Prestasi Atlet di Surakarta Tahun 1998-2013
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. Ilmu Sejarah-C0512026-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Tundjung Wahadi Sutirto, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.