Penulis Utama : Hana Tiara Pertiwi
NIM / NIP : K8114028
×

Penelitian ini bertujuan mengkaji pelaksanaan stimulasi kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Manahan.  
Subjek penelitian yang terlibat adalah  anak, guru, dan orangtua kelompok B1, B2, dan B3. Penelitian yang dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi etnometodologi. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data  menggunakan model analisis interaktif Milles and Huberman. Teknik uji validitas data dengan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Negeri Pembina Manahan melakukan stimulasi kemampuan menulis melalui kegiatan pembelajaran sesuai pedoman Kurikulum 2013 yang diterapkan. Stimulasi tersebut melalui kegiatan menulis dan kegiatan penguatan kemampuan menulis (menggambar, mewarnai, dan menggunting). Pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik mendukung stimulasi kemampuan menulis yang variatif. Stimulasi tersebut juga berpengaruh mendukung perkembangan aspek kognitf, motorik halus, dan seni. Keberhasilan stimulasi kemampuan menulis didukung oleh peran serta orangtua, baik dukungan langsung dan dukungan tidak langsung.

×
Penulis Utama : Hana Tiara Pertiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8114028
Tahun : 2018
Judul : Stimulasi Kemampuan Menulis Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Etnometodologi di TK Negeri Pembina Manahan Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-K8114028-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Adriani Rahma Pudyaningtyas, S.Psi., M.A.
2. Nurul Kusuma Dewi, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.