Penulis Utama : Marlina Shinta Putri
NIM / NIP : K8114038
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui media pembelajaran pop-up card pada anak usia 4-5 tahun TK ABA Karanganom  Klaten Tahun  Ajaran  2017/2018.  Jenis  penelitian  ini  merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun TK ABA Karanganom.
Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi teknik  dan  triangulasi  sumber.  Teknik  analisis  data  yang  digunakan  adalah analisis statistik deskriptif dan analisis kualitatif model interaktif.
Hasil   penelitian   menunjukkan   kemampuan   mengenal   huruf   anak mengalami peningkatan dari pratindakan sebesar 30% atau 6 anak, siklus I sebesar45% atau 9 anak, dan siklus II sebesar 80% atau 16 anak. Berdasarkan hasil penelitian   tindakan   kelas   yang   dilaksanakan   selama   dua   siklus   dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf dengan menggunakan media pembelajaran pop-up card pada anak usia 4-5 tahun TK ABA Karanganom Klaten Tahun Ajaran 2017/2018.

×
Penulis Utama : Marlina Shinta Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8114038
Tahun : 2018
Judul : Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Pembelajaran Pop-up Card pada Anak Kelompok A TK ABA Karanganom Klaten Tahun Ajaran 2017/ 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-K8114038-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Mugijatna, M.Si., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.