Penulis Utama : Febi Sulistyo Rini
NIM / NIP : K7111069
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Jetis Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2017/2018.
Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 15 siswa dan guru kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan kajian dokumen. Validitas data diuji dengan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan ditinjau dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75 diperoleh nilai rata-rata keterampilan menulis puisi pada tes awal sebelum tindakan yaitu 47, kemudian siklus I meningkat menjadi 71,83, dan pada siklus II meningkat menjadi 77,67. Dengan ketuntasan klasikal keterampilan menulis puisi sebelum tindakan sebesar 20%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 60% dan kembali meningkat pada siklus II menjadi 77,67%.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Jetis Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga tahun ajaran 2017/2018.

 

×
Penulis Utama : Febi Sulistyo Rini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7111069
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Jetis Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2017/ 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7111069-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. M Ismail Sriyanto, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.