Penulis Utama : Sofia Naim
NIM / NIP : C0213063
×

Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah koherensi tuturan pada penderita skizofrenia di RSJD Surakarta?; (2) bagaimanakah inkoherensi tuturan pada penderita skizofrenia di RSJD Surakarta?
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) memaparkan koherensi tuturan pada penderita skizofrenia di RSJD Surakarta, dan (2) memaparkan inkoherensi tuturan pada penderita skizofrenia di RSJD Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan pragmatik maksim relasi prinsip kerja sama Grice. Sumber data dalam penelitian ini adalah penderita skizofrenia di RSJD Surakarta. Data yang terdapat pada penelitian ini adalah data lisan berupa tuturan- tuturan yang mengandung koherensi dan inkoherensi. Pengumpulan data dalam penelitian  ini  dilakukan  menggunakan  teknik  sadap  dan  simak-libat-cakap. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kontekstual.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) koherensi pada tuturan penderita skizofrenia berjumlah 16 data dengan persentase 27,11 persen, (2) inkoherensi pada tuturan penderita skizofrenia berjumlah 43 data dengan persentase 72,88  persen  dan dikelompokkan  ke dalam dua  kategori,  yaitu  (a) inkoherensi  utuh  dan  (b)  inkoherensi  sebagian.  Kecenderungan  inkoherensi tuturan penderita skizofrenia dijumpai pada inkoherensi sebagian dengan model tuturan Koherensi+(Koherensi-Inkoherensi) berjumlah 9 data. Dengan demikian penderita lebih banyak memberikan kontribusi yang inkoherensi daripada koherensi.

 

×
Penulis Utama : Sofia Naim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0213063
Tahun : 2018
Judul : Analisis Koherensi dan Inkoherensi pada Tuturan Penderita Skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Sastra Indonesia-C0213063-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Miftah Nugroho, S. S., M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.