Penulis Utama : Elizabeth Julia Seven
NIM / NIP : F3416024
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat pembayaran Pajak Penghasilan Final untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Pasar Gedhe Surakarta.
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, kepustakaan dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Pasar Gede Surakarta.
Hasil penelitian ini adalah sebagian besar responden tidak mengetahui adanya Pajak Penghasilan Final untuk UMKM dari 30 responden hanya 2 responden (28%) yang mengetahui. Walalupun demikian, responden mau membayar apabila ada informasi lebih lanjut. Tetapi, banyak responden hanya mengandalkan adanya penarikan dari petugas yang berwenang.
Kesimpulan penelitian ini yaitu semua sudah pernah membayar pajak, tetapi untuk PPh Final atas UMKM belum pernah ada yang membayar. Responden hanya membayar PBB. Responden tidak membayar dikarenakan faktor tidak mengetahui, rendahnya tingkat pengetahuan perpajakan, tidak mempu membayar, pendapatan sedikit, tidak pernah menangani sendiri, kekeliruan petugas, tidak ada informasi dan sosialisasi, ada penunggakan, tidak ada penarikan dari petugas, sulit/rumit dan adanya sanksi.
Berdasarkan penelitian, penulis memberikan saran sebaiknya diadakan sosialisasi secara menyeluruh, adanya pendampingan dari pihak DJP/KPP, pemberian hadiah kepada yang taat dan pelaku UMKM diharap lebih aktif dan patuh terhadap peraturan perpajakan.
Kata Kunci: Penghambat, PPh Final, UMKM

 

×
Penulis Utama : Elizabeth Julia Seven
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3416024
Tahun : 2018
Judul : Analisis Faktor Penghambat Pembayaran Pajak Penghasilan Final Untuk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Pasar Gede Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : D-3 Perpajakan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Program DIII Jurusan Perpajakan-F3416024-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sri Hanggana, M. Si., Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.