Penulis Utama : Rosa Rica Rosita
NIM / NIP : K1213064
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pemakaian diksi; (2) wujud citraan; (3) bentuk gaya bahasa; dan (4) relevansi Cerpen Pilihan Kompas 2016 (Tanah Air) sebagai materi ajar pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Kejuruan.

Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan atau menggambarkan permasalahan yang terjadi, dan menganalisis data yang berupa kata-kata  atau  kalimat.  Teknik  pengambilan  subjek  penelitian  menggunakan teknik  purposive  sampling.  Teknik  pengumpulan  data  menggunakan  teknik analisis dokumen dan wawancara dengan informan. Validitas  yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis mengalir (flow model of analysis). Prosedur penelitian yang dilakukan terdiri atas beberapa tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyusunan laporan.
Hasil penelitian ini ditemukan (1) pemanfaatan diksi berupa kata konotatif, kata konkret, kata sapaan khas dan nama diri, kata serapan, kata vulgar, kata dengan  subjek  realitas  alam,  dan  kosa  kata  bahasa  daerah,  dengan  total keseluruhan  89  data;  (2)  citraan  berupa  citraan  penglihatan,  pendengaran, penciuman,  perabaan,  dan  gerak,  dengan  total  keseluruhan  96  data;  (3)  gaya bahasa berupa gaya bahasa pleonasme, tautologi, anafora, epistrofa, mesodiplosis, anadiplosis,  klimaks,  simile,  metafora,  sinestesia,  personifikasi,  metonimia, hiperbola, dan satire, dengan total keseluruhan 98 data; dan (4) Cerpen Pilihan Kompas 2016 (Tanah Air) dikatakan relevan dan dapat digunakan sebagai materi pembelajaran apresiasi prosa fiksi untuk kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan.

Kata Kunci : diksi, citraan, gaya bahasa, stilistika, materi ajar

 

×
Penulis Utama : Rosa Rica Rosita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1213064
Tahun : 2018
Judul : Analisis Stilistika Cerpen Pilihan Kompas 2016 (Tanah Air) dan Relevansinya sebagai Materi Ajar Pembelajaran Prosa Fiksi di Sekolah Menengah Kejuruan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Bahasa dan Sastra Indonesia-K1213064-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kundharu Saddhono, S.S., M.Hum.
2. Drs. Purwadi, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.