Penulis Utama : Ria Dwi Kosasih
NIM / NIP : K2314039
×

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis : (1) pengaruh antara penggunaan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif siswa, (2) pengaruh antara sikap ilmiah siswa tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa (3) interaksi antara pengaruh penggunaan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) melalui metode eksperimen dan demonstrasi dengan sikap ilmiah siswa terhadap kemampuan kognitif siswa.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 36 siswa. Sebelum diberikan perlakuan, pada kedua sampel dilakukan uji beda rerata menggunakan uji-t dua ekor yang didahului oleh uji prasyarat analisis normalitas dan homogenitas. Hasil yang didapatkan berdasarkan perhitungan prasyarat analisis adalah kedua kelas normal dan homogen. Sedangkan hasil yang didapatkan melalui uji-t dua ekor adalah kedua kelas tidak memiliki perbedaan keadaan awal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan kajian dokumentasi. Data dianalisis menggunakan anava dua jalan dengan isi sel tak sama.
Simpulan dari penelitian eksperimen ini adalah: (1) ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap  kemampuan kognitif Fisika siswa Fobservasi = 9,51> Ftabel = F0,05;1;68= 3,98, (2) ada perbedaan pengaruh antara sikap ilmiah siswa tinggi dan rendah terhadap kemampuan   kognitif Fisika siswa Fobservasi =6,77> Ftabel = F0,05;1;68= 3,98, (3) tidak ada interaksi antara pengaruh penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan  kognitif Fisika siswa Fobservasi = 1,13< Ftabel = F0,05;1;68= 3,98.

Kata Kunci : Model Kooperatif, tipe Group Investigation (GI), metode eksperimen, metode demonstrasi, kemampuan kognitif, sikap ilmiah

 

×
Penulis Utama : Ria Dwi Kosasih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2314039
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa (Penelitian pada Siswa Kelas X MIA SMAN 2 Sukoharjo Materi Usaha dan Energi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Fisika-K2314039-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwanto, S.Pd, M.Si.
2. Dwi Teguh Rahardjo, S.Si, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.