Penulis Utama : Adinda Oktavia Riandiva Ayu Kusuma
NIM / NIP : C0114002
×

ABSTRAK

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana unsur struktural cerkak berdasarkan teori fiksi Robert Stanton, bagaimana bentu tanggung jawab laki-laki dan bagaimana makna dann nilai tanggung jawab laki-laki yang terdapat dalam 5 cerkak Blangkon karya Pamarsudi Sastra Jawi Bojonegoro. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan unsur struktural menurut Robert Stanton, mendeskripsikan bentuk tanggung jawab laki-laki dan mendiskripsikan makna dan nilai tanggung jawab laki-laki yang terdapat dalam antologi cerkak Blangkon karya Pamarsudi Sastra Jawi Bojonegoro. Teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain teori struktural menurut Robert Stanton, teori struktural genetic menurut Lucien Goldmann serta pengertian tanggung jawab.
Bentuk penelitian adalah penelitian sastra yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah lima cerkak dalam antologi cerkak Blangkon karya Pamarsudi Sastra Jawi Bojonegoro, sedangkan data berupa unsur-unsur intrinsik yang membangun karya sastra denga menggunakan teori Robert Stanton seperti fakta-fakta cerita (karakter, alur, latar), tema serta
sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya, tone, simbolisme dan ironi) dan bentuk, makna, nilai tanggung jawab laki-laki  dalam antologi cerkak Blangkon karya Pamarsudi Sastra Jawi Bojonegoro.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara struktural lima cerkak dalam antologi  cerkak Blangkon disusun dengan memadukan antara unsur satu dengan lainnya yang nantinya menghasilkan hubungan yang erat dan saling mengkait. Keterkaitan tema dengan karakteristik penokohan yang dilukiskan dalam alur ceritanya. Strukturalisme Genetik dalam penelitian ini mampu manggambarkan pandangan pengarang mengenai tokoh laki-laki sebagai tokoh utama. Tanggung jawab laki-laki dalam keluarga, tanggung jawab laki-laki dalam pekerjaan dan tanggung jawab laki-laki membela kemerdekaan.

Kata kunci:Cerkak, Laki-laki, Tanggung jawab, Strukturalisme Genetik

 

×
Penulis Utama : Adinda Oktavia Riandiva Ayu Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0114002
Tahun : 2018
Judul : Tanggung Jawab Laki-Laki dalam Antologi Cerkak “Blangkon” Karya Pamarsudi Sastra Jawi Bojonegoro ( Sebuah Pendekatan Strukturalisme Genetik )
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-Jur. Sastra Daerah-C0114002-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Sahid Teguh Widodo, S.S.,M.Hum., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.