Penulis Utama : Agustien Voldias Widyaswati
NIM / NIP : K3114002
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku prokrastinasi akademik, mengetahui faktor-faktor penyebab perilaku prokrastinasi akademik, merumuskan alternatif pengatasan perilaku prokrastinasi akademik pada peserta didik MTs Negeri Boyolali.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan subjek peserta didik MTs Negeri 8 Boyolali sebanyak tiga siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, pemeriksaan dokumen, dan observasi partisipan. Analisis data yang digunakan peneliti adalah teknik analisis interaktif terdiri dari empat alur yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang dilakukan terhadap perilaku prokrastinasi akademik adalah: sering berjalan-jalan dikelas pada saat guru tidak ada, sering terlambat mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru, memilih tidur daripada mendengarkan penjelasan guru, mengobrol dengan teman pada saat jam pelajaran. Faktor penyebab peserta didik yaitu tekanan dari orang tua, kondisi tubuh sakit, merasa tidak mampu menyelesaikan, ingin bermain dengan teman-teman, tidak bisa mengatur waktu. Alternatif pengatasannya perilaku prokrastinasi akademik yaitu tidak ingin ada tekanan dari siapapun, membutuhkan waktu istirahat yang cukup, memberikan pengetahuan yang luas agar lebih terbuka, memberikan pendekatan dengan konseling, membantu mengelola waktu yang baik, ditanamkan pemahaman dan keinginan yang kuat agar memahami kewajibannya sebagai siswa, ada yang membantu mengatur waktu, menguba hperilaku negative menjadi positif, memberikan penghargaan pada diri sendiri saat bisa menyelesaikan tugas.


Kata kunci: studi kasus, prokrastinasi akademik, faktor penyebab, alternatif pengatasan

 

×
Penulis Utama : Agustien Voldias Widyaswati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3114002
Tahun : 2018
Judul : Kebiasaan Melakukan Prokrastinasi Akademik, Faktor Penyebab, dan Alternatif Pengatasannya pada Peserta Didik MTS Negeri 8 Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Bimbingan Konseling-K3114002-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof.Dr.Soeharto, M.Pd
2. Ribut Purwaningrum, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.