Penulis Utama : Faizal Luqman Sangaji
NIM / NIP : D0113033
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pengidentifikasian pola manajemen aduan pelayanan publik dan mengetahui kekuatan dan kelemahan pola manajemen  aduan  serta  mengetahui  hambatan  pelaksanaan  aduan  pelayanan publik berbasis teknologi informasi di Kabupaten Karanganyar dan Kota Solo. Penelitian ini menggunakan elemen-elemen penanganan pengaduan oleh BAPPENAS.
Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian ini didapat melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi data. Teknik pengumpulan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif. Lokasi penelitian dilakukan didua tempat yaitu Unit Layanan Aduan Surakarta (ULAS) bertempat di Inspektorat Kota Surakarta dan Sistem Informasi Penampungan Aspirasi   Masyarakat   (SAPAMas)   bertempat   di   Dinas   Komunikasi   dan Informatika Kabupaten Karanganyar.
Hasil penelitian ini yaitu mencari variasi pola manajemen dari dua layanan aduan didua tempat yang berbeda yaitu kabupaten dan kota. Variasi pola manajemen aduan di kabupaten dan kota memiliki perbedaan disisi fleksibilitas dan disisi platform dimana ULAS lebih fleksibel dan platform yang lebih modern. Disisi lain SAPAMas menawarkan berbagai platform aduan yang lebih beragam yaitu SMS Center, Media Sosial dan form web. Hambatan yang dialami sama, baik di Kabupaten Karanganyar maupun Kota Surakarta, yaitu masih minimnya sosialisasi.

×
Penulis Utama : Faizal Luqman Sangaji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0113033
Tahun : 2018
Judul : Pola Manajemen Aduan Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi di Kabupaten Karanganyar dan Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Administrasi Negara-D0113033-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rutiana Dwi Wahyunengseh, S.Sos., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.