Penulis Utama : Norbertus Bhimo Catur Purnomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3211045
Tahun : 2018
Judul : Proses Pembelajaran Gambar Bentuk di Kelas VII SLB B Pawestri Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K3211045-2018
Subyek : PEMBELAJARAN, GAMBAR BENTUK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1)  Untuk mendiskripsikan proses pembelajaran gambar bentuk di kelas VII SLB B Pawestri Karanganyar tahun pelajaran 2017/ 2018; 2) Untuk mendiskripsikan hambatan siswa dalam proses pembelajaran gambar bentuk  di kelas VII SLB B Pawestri Karanganyar tahun pelajaran 2017/ 2018; 3) Untuk mendiskripsikan bentuk visualisasi karya gambar bentuk di kelas VII SLB B Pawestri Karanganyar tahun pelajaran 2017/2018.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif studi kasus. Sumber data yang digunakan berupa informan, tempat dan peristiwa, arsip dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, analisis dokumen dan arsip. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Keabsahan data menggunakan triangulasi data dan review informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis mengaliryang proses tahapannya meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) proses pembelajaran gambar bentuk  di  kelas  VII  SLB  B  Pawestri  Karanganyar  dilihat  secara  keseluruhan bahwa  poses  pembelajaran  berjalan  sangat  baik.  Ditinjau  dari  perolehan  nilai siswa dalam 3x penugasan yang masing-masing mendapat nilai diatas Standar Ketuntasan  Minimal  (SKM).  2)  Hambatan tersebut  di  antaranya,  keterbatasan siswa  dalam  menagkap  materi  pembelajaran.  Menginat  siswa  tersebut  adalah siswa tuna rungu. Untuk mengatasi permasalahan tersebut  guru menggunakan Metode  Maternal  reflektif  3)  keseluruhan  karya  siswa  di  kelas  VII  SLB  B Pawestri Karanganyar merupakan karya tugas yang di berikan oleh guru seni rupa sebagai upaya penilaian terhadap prestasi siswa dalam mata pelajaran seni rupa.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Adam Wahida, S.Pd, M.Sn.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP