Penulis Utama : Rezqyana Ayu Pertiwi
NIM / NIP : H0814111
×

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui efektivitas program Bantuan Sosial  Beras  Sejahtera  (Bansos  Rastra)  dan  Bantuan  Pangan  Non  Tunai (BPNT) di Desa Sikayu Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen dengan indikator 6T (Tepat Sasaran, Tepat Harga, Tepat Jumlah, Tepat Waktu, Tepat Kualitas, dan Tepat Administrasi). Metode dasar penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja. Pengambilan sampel   dilakukan   dengan   teknik   sampling   purposive.   Jenis   data   yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Analisis dilakukan dengan pendekatan kriteria hasil. Pengukuran efektivitas program Bansos Rastra didasarkan pada Pedoman Umum Bansos Rastra 2018, sedangkan pengukuran efektivitas program BPNT didasarkan pada Pedoman Umum BPNT 2018.
Berdasarkan hasil penelitian, efektivitas program Bansos Rastra di Desa Sikayu berdasarkan indikator 6T mencapai 83,33% karena terdapat satu indikator  yang  tidak  terpenuhi,  yaitu  indikator  Tepat  Waktu.  Efektivitas program  Bansos  Rastra  berdasarkan  ketercapaian  tujuan  sesuai  Pedoman Umum Bansos Rastra 2018 dikatakan belum efektif, sebab dari empat poin tujuan terdapat satu poin yang tidak tercapai yaitu penyaluran bantuan setiap bulan. Efektivitas pelaksanaan program BPNT di Desa Sikayu  berdasarkan indikator 6T mencapai 100% karena seluruh indikator telah terpenuhi. Efektivitas program BPNT berdasarkan ketercapaian tujuan sesuai Pedoman Umum  BPNT  2018  dikatakan  sudah  efektif,  sebab  seluruh  tujuan  telah tercapai.
Program bantuan pangan yang lebih efektif penerapannya di Desa Sikayu Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen adalah program BPNT. Hal tersebut dikarenakan ketepatan sasaran dan waktu program BPNT lebih efektif dibandingkan  program  Bansos  Rastra.  Selain  itu,  dari  segi  ketercapaian program BPNT lebih baik daripada program Bansos Rastra. 

 

×
Penulis Utama : Rezqyana Ayu Pertiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0814111
Tahun : 2018
Judul : Efektivitas Program Bantuan Sosial Beras Sejahtera dan Bantuan Pangan Non Tunai
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2018
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian Jur. Pertanian-H0814111-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Joko Sutrisno, M.P.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.