Penulis Utama : Binti Nur Kholifah
NIM / NIP : C0113013
×

ABSTRAK

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana struktur pembangun cerita Prabu Subrata berdasarkan teori lapis norma puisi Roman Ingarden?; 2) Bagaimana konflik batin tokoh Prabu Subrata dalam cerita Prabu Subrata berdasarkan teori Kawruh Jiwa Ki Ageng Suryomentaram?; 3)Apa nilai moral yang terkandung dalam cerita Prabu Subrata?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan struktur yang membangun cerita Prabu Subrata berdasarkan teori lapis norma puisi Roman Ingarden; 2) Menjelaskan konflik batin tokoh Prabu Subrata dalam cerita Prabu Subrata berdasarkan teori Kawruh Jiwa Ki Ageng Suryomentaram; 3) Mengungkapkan nilai moral yang terkandung dalam cerita Prabu Subrata. Landasan teori yang digunakan adalah pendekatan struktural dengan memakai analisis strata norma puisi oleh Roman Ingarden, dan psikologi sastra dengan menggunakan pandangan Ki Ageng Suryomentaram mengenai kawruh jiwa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif di bidang sastra dengan metode penelitian deskriptif analisis. Sumber data dalam penelitian ini berupa buku cerita Prabu Subrata karya Raden Budidarma yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1983. Data penelitian ini adalah isi teks cerita Prabu Subrata berdasarkan unsur struktural, informasi kejiwaan mengenai konflik batin tokoh Prabu Subrata dan informasi mengenai nilai moral dalam cerita Prabu Subrata.
Hasil penelitian dari analisis cerita Prabu Subrata ditemukan bahwa 1) cerita Prabu Subrata disusun dengan memadukan banyak sarana sastra dan memenuhi norma-norma puisi yang diungkapkan oleh Roman Ingarden. 2) Tokoh Prabu Subrata mencerminkan pribadi yang mengalami konflik batin dikarenakan jiwanya yang masih diliputi oleh rasa ego atau kramadangsa. 3) Cerita Prabu Subrata mampu memberikan nilai moral yang bersifat edukatif dan aplikatif diantaranya mengenai aspek psikologis (hubungan manusia dengan diri sendiri), aspek sosial (hubungan manusia dengan orang lain atau lingkungan sekitar), dan aspek religius (hubungan manusia dengan Tuhan).  

Kata Kunci: Cerita Prabu Subrata, Konflik Batin, Psikologi Sastra, Kawruh Jiwa Suryomentaram

 

×
Penulis Utama : Binti Nur Kholifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0113013
Tahun : 2018
Judul : Cerita Prabu Subrata: Cerminan Konflik Batin Manusia (Kajian Psikologi Sastra Berdasarkan Kawruh Jiwa Ki Ageng Suryomentaram)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-Jur. Sastra Daerah-C0113013-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Aloysius Indratmo, M.Hum.,
2. Dr. Prasetyo Adi Wisnu Wibowo, M,Hum.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.